Ada Cerita di Balik Noda

| 7 Comments

Ternyata banyak kesempatan tak terduga datang saat kita ‘berani kotor’. Itu lah kesan dari buku Cerita di Balik Noda by @FiraBasuki yang saya baca tadi malam. Buku ini berisi kumpulan cerita pendek yang inspiratif yang dikumpulkan oleh Rinso, beberapa di antaranya adalah karya penulis idola saya mbak Fira Basuki.

Membacanya, saya jadi teringat teman saya Lenore Skenazy @FreeRangeKids, kolumnis dari New York. Pada saat anaknya berusia 9 tahun, ia membekali anaknya peta dan uang $20, dan membiarkan anaknya pulang sendiri naik Subway (kereta bawah tanah di Amerika). Anaknya berhasil tiba di rumah dengan gembira dan memiliki kepercayaan diri baru terpancar dari dalam dirinya. Lenore  menulis pengalamannya tersebut di sebuah kolom, dan seluruh Amerika menjadi heboh mendengarnya.

“If you Google ‘America’s worst mom’ and you will get my name,” kata Lenore sambil tertawa.

Lenore bilang, di Amerika, orang tua kebanyakan overprotective kepada anaknya. Mereka ketakutan jika anaknya dibiarkan ‘main’ di luar begitu saja, mereka bisa diculik, kena serangga, terluka, atau ketularan virus. Saya tertawa melihat mimik wajahnya yang serius. “Aku serius, Ollie. Kamu tahu sekarang lagi ada wabah flu di Amerika, dan bisa kamu bayangkan anak-anak itu akan cuci tangan berapa kali sehari! Hanya karena orang tuanya ketakutan! This is not fair for them, kids deserve a chance to stretch and grow.

Lenore benar, kita tidak bisa memproteksi anak-anak kita secara berlebihan, kita tidak ingin menciptakan generasi muda yang manja, kan? Saya yakin Lenore sudah memperhitungkan segala hal saat membiarkan anaknya pulang sendiri dengan Subway. Anaknya dapat membaca peta, sudah cukup dewasa untuk bertanya jika tersesat, dan ada uang darurat sebesar $20 yang bisa ia gunakan saat diperlukan. Lenore pun memilih lokasi Subway yang aman untuk anaknya di Bloomingdale. Lenore telah membiarkan anaknya untuk bereksperimen dan ‘tumbuh’ secara mental.

‘Berani kotor’ bagi saya bisa berarti banyak hal. Berani kotor artinya berani salah, berani mengambil resiko, berani berkreasi. Sesuatu yang kotor karena dipakai itu lebih baik dari yang putih bersih tapi tidak bermanfaat bagi siapapun. Seperti di cerita ‘This is it! Kue Lumpur ala Chef Annisa Queen! Haha’ karya Ummi Fadhilah. Sang ibu membiarkan anaknya bereksperimen di dapur, terekspos ke segala hal yang beresiko seperti api dan benda tajam, ditambah kemungkinan bajunya akan banyak  terkena noda saat memasak, namun hasilnya sangat rewarding. Dengan pengawasan dan sedikit bantuan, anaknya berhasil membuat kue-kue yang lezat yang kemudian dijadikan bisnis bernama ‘Kue Nisa’. Very inspiring!

Good news for Salsabeela.com readers! Rinso memberikan pembaca Salsabeela.com 2 voucher dari Sodexo masing-masing sebesar Rp 1.000.000 untuk berbelanja di network-nya Sodexo seperti di Carrefour, Alfa Mart, Pasaraya, Gramedia, dan lainnya, untuk teman-teman yang dapat menulis review buku ‘Cerita di Balik Noda‘ dan karyanya berhasil dipilih sebagai yang terbaik oleh dewan juri.

Informasi lengkapnya sebagai berikut:

Persayarat Umum

  1. Kompetisi ini hanya dapat diikuti oleh WNI yang berdomisili di Indonesia, Pria/Wanita, berusia 17 tahun atau lebih.
  2. Buku yang diulas dalam kompetisi ini hanya buku dengan judul “CERITA DI BALIK NODA” karya Fira Basuki.
  3. Peserta harus mengklik LIKE pada akun Facebook Page Rinso Indonesia dan follow akun Twitter @MissResik untuk bisa mengikuti kompetisi.
  4. Peserta harus menjadi follower dari akun @Salsabeela dan pembaca Salsabeela.com
  5. Kompetisi ini  akan berlangsung selama periode: 15 Maret 2013 pada pukul 12 siang – 10 April 2013 pukul 18.00.
  6. Pemenang akan diumumkan di blog Salsabeela.com & akun twitter @Salsabeela, akun Facebook page resmi Rinso Indonesia dan di akun twitter resmi Rinso Indonesia (@missResik) tepat pada tanggal 15 April 2013.
  7. Promo ini tidak berlaku bagi karyawan serta keluarga dari PT.Unilever Indonesia dan pihak-pihak yang turut terlibat dalam menyelenggarakan Promo termasuk pihak agensi dan keluarga.
  8. Peserta wajib memberikan dan/atau mengisi data-data sebagaimana diminta oleh penyelenggara dengan benar dan lengkap. Penyelenggara berhak melakukan verifikasi atas kebenaran data-data yang peserta isi dan/atau berikan, Pemenang yang melanggar ketentuan ini didiskualifikasikan dan pihak penyelenggara berhak untuk memberikan hadiah kepada peserta lainnya.
  9. Pihak Penyelenggara berhak untuk mengubah dan/atau memodifikasi syarat dan ketentuan Promo dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  10. Setiap jawaban dan materi (termasuk namun tidak terbatas pada foto, dan cerita) yang diikutsertakan dalam Promo ini akan menjadi hak PT. Unilever Indonesia, dan PT. Unilever Indonesia berhak untuk mempergunakannya sesuai dengan kepentingan PT. Unilever Indonesia.
  11. Setiap jawaban dan materi (termasuk namun tidak terbatas pada foto dan cerita) yang diikutsertakan tidak boleh melanggar hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual milik pihak manapun juga;
  12. Pihak penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang menurut PT. Unilever Indonesia tidak memenuhi dan/atau melanggar syarat dan ketentuan Promo (termasuk namun tidak terbatas pada pendaftaran, karya, foto, materi).
  13. Hasil akhir pemenang kompetisi dan Keputusan juri adalah mutlak dan final serta tidak dapat diganggu gugat.

Syarat Cerita

  1. Cerita harus merupakan karya asli dari peserta lomba, bukan merupakan saduran, salinan atau adaptasi dari karya orang lain.
  2. Cerita bukan merupakan atau mengandung ulasan teknis buku Cerita Di Balik Noda dari sudut pandang editorial dalam karyanya.
  3. Cerita yang diperlombakan harus dengan jelas mencerminkan inspirasi yang didapat setelah membaca buku dan pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari.

Kriteria Penilaian

  1. Orisinalitas Karya
  2. Kesesuaian isi dengan tema
  3. Cerita yang terinspirasi dari buku
  4. Alur Cerita

Persyaratan Teknis

  1. Cerita yang diperlombakan harus diunggah terlebih dahulu di blog milik peserta, lalu peserta juga harus mengirimkan cerita dalam bentuk doc ke beranikotoritubaik@rinso.co.id
  2. Alamat tautan yang dipendekkan (shortened link) halaman situs cerita yang telah diunggah juga harus diposting dalam akun twitter mereka dengan menyebutkan (mention) akun Blogger yang di-follow dan Akun twitter resmi Rinso dengan menggunakan tagar #UlasBukuRinso. Contoh : bit.ly/ceritaRinso @salsabeela@MissResik#UlasBukuRinso
  3. Cerita yang diunggah ke blog peserta, tautan yang ditulis di twitter, dan yang dikirimkan ke email panitia harus merupakan satu cerita yang sama dengan tanpa perbedaan sedikitpun.
  4. Cerita yang dikirim juga harus memenuhi persyaratan teknis seperti berikut: Font: Times News Roman, ukuran font: 12, spasi :1,5, format file :.doc (untuk dikirim via email)
  5. Cerita yang dikirimkan melalui Email harus dikirim dengan format subject/Judul email: UBR-Nama Blogger–Judul Cerita-Penulis. Contoh: UBR-Salsabeela-Berani Kotor itu Baik-Elfrida Simamora
  6. Cerita yang dikirim tidak dengan subyek email seperti ini tidak akan lolos kualifikasi
  7. dan di dalam isi email untuk menyertakan data pribadi secara lengkap dengan seperti: nama, alamat, no. Telpon, tempat & tanggal lahir, judul blog dan alamat URL cerita

Selamat berkreasi!

email

Comments

comments