Ollie's Journal

Insights on books, writing, startups, and lifestyle in between

You can Make a Difference

2

Tidak ada nyamuk yang terlalu kecil untuk membuat kita gatal kalau tergigit. Suara dan tindakan kita, sekecil apapun, matters.

Beberapa minggu yang lalu, wanita yang saya kagumi, Ny. Kardinah Soepardjo Roestam, yang biasa saya panggil Tante Dien, meninggal dunia. Saya merasa sangat kehilangan. Beliau adalah wanita yang sangat inspiring bagi saya.

Ibu Kardinah dikenal sebagai penggerak PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang dimulai saat beliau mendampingi suaminya Pak Soepardjo Roestam saat bertugas di Jawa Tengah sebagai Gubernur.

PKK berisi 10 program yang meliputi semua aspek kehidupan keluarga termasuk kebutuhan fisik, mental dan sosial. Cek 10 Program Pokok PKK di sini.

Dimulai pada tahun 1967, program PKK dianggap berhasil di Jawa Tengah dan kemudian diaplikasikan ke seluruh Indonesia. PKK telah memberi pencerahan pada wanita-wanita di seluruh pelosok Indonesia untuk turut serta berperan membangun bangsa, mewujudkan keluarga sejahtera dan membina generasi muda yang berkualitas.

Ibu Kardinah pernah berbicara di forum UNESCO PBB tentang PKK dan akhirnya UNESCO mereplikasi program PKK untuk diterapkan di negara-negara berkembang. Bayangkan, program yang dimulai dari sebuah kota di Jawa Tengah, akhirnya bisa mendunia!

Secara pribadi saya memperhatikan perilaku tante saya. Beliau selalu rapi di setiap kesempatan, bahkan di rumah. Selalu punya kepedulian pada berbagai hal di Indonesia. Contohnya, saya pernah diberikan sejumlah data tentang rokok di Indonesia dan tante mengemukakan concern-nya tentang betapa banyak orang di Indonesia memilih membeli rokok daripada membeli makanan bergizi atau menabung untuk pendidikan anaknya. Dari data yang ia beri akhirnya saya berjanji membuatkan blog post tentang hal itu. Beliau bersemangat setelah tau saya sudah posting blog tentang rokok, beliau mencetak blog saya lengkap dengan comment-nya untuk dibaca. Saat itu usia tante 78 tahun.

Malu lah kita yang jauh lebih muda kalau kita tidak punya kepedulian yang lebih untuk sesama.

Ps: I don’t know how this could happen but I don’t have a single photo with her after all these years

Tulisan ini dikutip dari buku terbaruku ‘Yes, You Can!‘ sekaligus untuk memperingati hari Pahlawan. Tulis versi-mu sendiri tentang Pahlawan untuk Indonesia dan share di twitter dengan hashtag #Pahlawan

email

Comments

comments

2 Comments

  1. Jefry

    Siapapun bisa menjadi seperti Bu Kardinah
    Dengan dimulai pada hal yang kecil, Insya Allah akan menjadi besar dan dapat membawa perubahan bagi bangsa ini

    [Reply]

    Reply

So, what do you think ?