Menyambut Bulan Ramadhan

| 9 Comments

Beberapa hari lagi sudah masuk bulan Ramadhan. Di bulan penuh berkah ini Muslim wajib berpuasa sesuai perintah dalam QS Al-Baqarah : 183.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (QS 2:183)

Meskipun wajib, tapi puasa tidak jadi memberatkan, malah bulan ini jadi bulan yang spesial dan paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim seluruh dunia. Sebabnya? Banyak keutamaan-keutamaan di Bulan Ramadhan. Diantaranya terkandung dalam hadits di bawah ini:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.’” (HR. Muslim no. 1151)

Allah juga menjanjikan orang yang berpuasa untuk masuk dari pintu surga VIP bernama Ar-Rayyan (Pemuas Dahaga). Siapa yang nggak berminat?

Me & the Girls – my silver lining of hope

Dengan semua keutamaan, terutama pahala yang dilipatgandakan, kita bertanggung jawab untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan positif dan membangun jiwa.

Sebenarnya tak hanya masalah pahala, saya melihat bulan Ramadhan adalah bulan detoks. Baik bagi tubuh kita, maupun bagi jiwa kita. Saat puasa kita akan teringat untuk mengerem semua tindakan negatif dan memperbanyak tindakan positif. Ingat nggak, ada yang bilang, sebuah kebiasaan baru akan terbentuk setelah dilakukan selama 21 hari? Kita berpuasa lebih dari 21 hari! Mari kita buat kebiasaan-kebiasaan baik yang Insya Allah bisa bertahan sepanjang tahun. Amin!

Masih ingat nggak hadits ini?

innamal a’malu bin-niyyah, wa innama likulli imri-in ma nawaa

Sesungguhnya segala amal tergantung pada niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan apa yang diniatkannya.

Selama ini kita mengetahui bacaan niat puasa seperti ini

nawaitu shauma godhin ‘an adaai fardli syahri ramadlaani haadzihis sanati lillahi ta’aalaa

Dan bacaan doa buka puasa seperti ini

allahumma laka shumtu wa bika amantu wa ‘alaa rizqika afthartu birahmatika ya arhamarrohimin

OOT :D Kok udah ngebahas buka puasa yaaa… ok back to topic…

Selama ini pernah ngalamin nggak kalau ternyata selama bulan puasa kita jalani dengan lemes? Jangankan ngaji mau melek juga susah (kan ngantuk habis sahur!), susah datang ke acara pengajian sepulang kantor karena keburu kehabisan tenaga, nggak pernah sempet taraweh berjamaah di mesjid karena banyak kerjaan di kantor, dan lain sebagainya. Saya yakin Allah dan Rasul-Nya memperhatikan kita dengan heran sambil berkata, “Niat nggak sih, ibadahnya?!”

Niat itu state of mind, yang dikuatkan dengan lafal seperti yang udah saya sebutkan di atas.

Bulan Ramadhan tahun ini, mari kita berniat… seniat-niatnya… untuk menjalankan ibadah dengan sebaik mungkin! Beberapa hal yang bisa dilakukan pada bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan fisik dan mental
    Di Bulan Ramadhan, kesiapan fisik harus optimal untuk memaksimalkan kualitas ibadah. Masing-masing dari Anda pasti sudah memiliki suplemen pilihan untuk menambah tenaga. Saya biasa minum teh herbal concentrate + aloe dari Herbalife untuk menambah tenaga dan konsentrasi. Minum madu dan makan kurma saat sahur juga sangat membantu.
  • Shalat Wajib ++
    Jika pelaksanaan sholat 5 waktu Anda masih bolong-bolong, ini lah saatnya untuk menggenapkan sholat wajib Anda. Analisa hal-hal yang menyebabkan Anda ketinggalan sholat dan niatkan untuk mencari solusi agar Anda tetap bisa menjalankan kewajiban dengan baik. Untuk Anda yang sudah bisa menjalankan 5 waktu dengan baik, saatnya belajar untuk sholat lebih khusyu’. Bagi Anda yang sudah menuju kekhusyu’-an, mulai tambahkan sholat Anda dengan sholat sunnah (Dhuha, Tahajjud, dll) untuk melipatgandakan pahala dan ketenangan jiwa. Shalat Tarawih berjamaah tentu juga masuk dalam check list ini!
  • Membaca Al-Quran
    Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan, maka sudah paling tepat jika kita menghabiskan bulan Ramadhan dengan lebih banyak membaca Al-Quran. Memiliki target itu baik untuk menambah semangat kita membaca. Mari kita khatam-kan Al-Quran di Bulan Ramadhan tahun ini! Oh ya, jika selama ini suka mendengarkan music via iPod, mungkin bisa ditambahkan juga Murottal/bacaan Al-Quran yang bisa didengarkan sewaktu-waktu.
  • Sedekah ++
    Gunakan kesempatan ini untuk bersedekah sebanyak-banyaknya. Bisa dalam bentuk uang pada fakir miskin, menyumbang makanan untuk berbuka puasa, mengingatkan kebaikan dan sharing ilmu yang bermanfaat, baik via majelis atau lewat tulisan (menulis blog atau menulis buku), memberikan buku yang bermanfaat, memberikan Al-Quran kepada yang membutuhkan, mengajarkan doa pada orang lain, berpartisipasi dalam pembangunan masjid, dan masih banyak lagi.
  • Serap Ilmu yang Bermanfaat
    Saatnya kita hilangkan kegiatan-kegiatan tak bermanfaat dan menggantinya dengan yang lebih baik. Seperti menghadiri acara-acara sosial/keagamaan serta mencari ilmu yang bermanfaat baik lewat membaca buku, menonton video yang bermanfaat, diskusi via forum, maupun membaca artikel-artikel bagus yang tersebar di internet. Jika Anda mengetahui jadwal event selama bulan Ramadhan atau website lain berisi resource yang bagus please leave the info di boks komentar ya :D
  • Silaturahmi
    Perbanyak silaturahmi, tak hanya melalui event buka puasa bersama, tapi sempatkan juga untuk bersilaturahmi dengan teman atau saudara yang sudah lama tidak Anda temui. Utamakan untuk mengunjungi mereka yang sedang sakit.
  • Berkunjung ke Mesjid-Mesjid
    Ini salah satu hal yang ingin saya lakukan di bulan Ramadhan kali ini. Sudah hampir 10 tahun tinggal di Jakarta, saya belum pernah sholat di Mesjid Istiqlal yang megah. Shame on me! Kali ini saya benar-benar ingin manfaatkan waktu untuk beribadah dari mesjid ke mesjid, untuk experience sendiri beragam keindahan yang menyejukkan.

Dari sekian amalan yang saya sebutkan, Anda bisa membuat schedule atau action plan Anda sendiri untuk mengisi bulan Ramadhan. Jangan lupa kabari saya link rencana Ramadhan Anda atau ajak saya ke event yang Anda kunjungi. Berbagi ilmu yang bermanfaat, Insya Allah akan menjadi sedekah jariah yang pahalanya terus mengalir.

Okay now… selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin :)

email

Comments

comments