Menyongsong Telkomsel LTE

“Li, apa yang akan kamu lakukan jika kamu punya koneksi internet dengan kecepatan 172 Mbps?” Tanya Enda Nasution saat acara Demo Technology & Services Telkomsel.

Saya memandangnya 2 detik sebelum akhirnya mencerna. 172 Mbps itu mungkin bisa dipake mendownload semua konten di dunia ini dalam 1 jam :p Namun karena saya adalah seorang pebisnis online, maka saya memilih jawaban yang lebih berbau bisnis.

“Ya, terutama di bidang e-commerce, akan ada revolusi habis-habisan pada cara berbelanja. Yang sekarang hanya monoton dengan button ‘add to cart’ nanti caranya bisa macem-macem. Bahkan, customer bisa mencoba produk pakaian yang mereka beli, langsung di ruang ganti virtual. Jika kecepatan koneksi bukan masalah, maka banyak kemungkinan yang bisa dilakukan!”

Ternyata, technology yang sedang kami bicarakan itu bernama technology Long Term Evolution atau LTE. LTE adalah lanjutan dari  evolusi GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, Single Carrier HSPA+ dan Dual Carrier HSPA+. Dalam acara yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi, Pak Tifatul Sembiring, dicobakan streaming video conference dan streaming 3D movie, menggunakan kecepatan Single Carrier HSPA+ dan Dual Carrier HSPA+ (up to 42 Mbps).

Dalam acara demo sekaligus launching Research & Development technology Long Term Evolution (LTE), saya berpikir, jika technology ini benar-benar bisa kita nikmati dalam beberapa tahun lagi, apa saja yang bisa kita lakukan dengan internet secepat ini?

Beberapa teman yang saya tanya, langsung menjawab, jika LTE datang, maka content producing dan consuming terutama untuk video akan meningkat pesat. Hal ini identik tak hanya untuk unlimited entertainment, namun juga education.

PR-nya sekarang, selain memikirkan hal-hal kreatif yang bisa membuat bangsa kita maju dengan teknologi LTE, adalah bagaimana upaya Telkomsel agar internet cepat ini dapat diterima merata di seluruh kepulauan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

More info tentang Telkomsel LTE bisa dibaca di sini

Fat pipes make BIG ideas. Keep dreaming, keep moving.

Comments

comments

Related Posts

by
A writer of 30 books. Founder & Chief Content Officer of Zetta Media, a digital media network. Founder of NulisBuku.com & Storial.co. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.
Previous Post Next Post

Comments

    • Kimi
    • July 15, 2010
    Reply

    Dan mudah-mudahan tarifnya murah! Jadi, saya bisa langsung berlangganan. :D

    [Reply]

  1. Reply

    Moga LTE ini bisa segera dinikmati end user yah ^^

    [Reply]

  2. Reply

    semoga internet cepat, murah dan stabil bisa segera kita rasakan yaaa… amiin.. :D

    [Reply]

    Heru Purwanto Reply:

    @fairyteeth,

    Cepat.Stabil dan gratis ^_^

    [Reply]

  3. Reply

    internet cepat tapi kalau hanya di kota tetap menyisakan pekerjaan rumah.
    Kalau seandainya internetnya yg tidak perlu sampai 172 Mbps tapi lebih merata, mungkin saja valuenya lebih baik.

    [Reply]

  4. Reply

    berarti cuma telkomsel yang pegang kendali untuk LTE ya?

    [Reply]

  5. Reply

    Saya agak pesimis dengan LTE, lha wong 3G dan GPRS saja masih belum beres kok…

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 shares