Melesat dengan Intel Core i3

| 33 Comments

I’m a laptop person. Sejak lulus kuliah, dengan alasan kepraktisan saya udah nggak menggunakan PC. Tapi semakin kesini, ternyata kebutuhan pekerjaan sama multi-tasking yang gila-gilaan membutuhkan gadget yang juga bisa keep up dengan kecepatan saya berpikir. Selama ini, setiap pagi, saya selalu bekerja di PC-nya suami saya, nanti siangnya baru saya kembali ke laptop lagi (kayak Tukul :D). Tapi sekarang nggak perlu gitu lagi. Now, I have my own PC! Komputer baru powered with the brand new Intel® Core™ i3 : Intel® Core™ i3-540 3.06 GHz Clarkdale Dual Core 4Mb Cache!

Ok, sebagian cowok mungkin langsung excited, dan sebagian besar cewek akan bingung. Intel® Core™ i3 itu kayak gimana sih? Jadi ceritanya, kalo dulu kita kan taunya Intel Pentium 4 dan sejenisnya, nah sekarang Intel punya prosesor teknologi baru yang lebih canggih dan lebih cepat (ada yang bilang paling cepat sejagat :D)! Keluarga prosesor Intel® Core™ di Indonesia tahun 2010 itu termasuk Intel® Core™ i5 dan Intel® Core™ i7. Tapi melihat harganya mungkin kita harus nabung dulu gitu sebelum membeli :D

powered by corei3

Tapi jangan khawatir, Intel telah merilis Intel® Core™ i3 yang sesuai budget kita dengan performa yang jauh lebih baik dari prosesor yang biasa kita pake, karena memiliki Intel® Hyper-Threading Technology (kata suami saya, itu artinya prosesor dual core tapi bekerja seperti empat core, yang intinya, super fast at Multi-tasking!) dan juga memiliki Intel® HD Graphics, yang memungkinkan kita mendapatkan warna gambar lebih jelas & lebih kaya, nonton film atau video di internet in HD, main game-game Facebook hingga game 3D dengan leluasa tanpa perlu tambahan Video-Card.

Yang bikin lebih excited lagi, komputer baru saya ini menggunakan Windows 7 :D Sudah lama kepingin nyoba akhirnya kesampaian juga. Perpaduan antara Intel® Core™ i3 + Windows 7 merupakan surga bagi pengguna komputer… berarti saya udah di surga sekarang :D Surga gadget hehe.

_MG_7273

_MG_7306

_MG_7270

Beberapa hal yang terasa setelah menggunakan komputer baru ini selama 2 minggu adalah sebagai berikut:

Kecepatan start and power off-nya itu amazing. Saya ingat banget dulu komputer saya, saya nyalakan trus saya tinggal pergi untuk bikin teh, trus saya kembali lagi, dan komputernya masih belum selesai loading (males banget). Tapi kali ini berbeda. Nggak sempet ditinggal pergi, cuma dalam hitungan detik, komputernya udah nyala. Matiinnya malah lebih cepat lagi :D

Sanggup multi tasking gila-gilaan. Salah satu kelebihan saya sebagai wanita adalah kemampuan multi tasking, dan tentu akhirnya menjadi kebutuhan karena saya adalah pebisnis online yang mengelola Kutukutubuku.com dan TukuSolution.com. Secara brutal, saya suka buka aplikasi banyak-banyak, mulai dari kirim email, edit image, masukin lagu ke iTunes, sampai browsing dengan seribu tab di browser hehe :D Biasanya sih pasti kecepatan komputer/laptop saya pasti slowing down sehingga saya terpaksa tutup salah satu aplikasi yang paling berat. Tapi kali ini nggak perlu. Intel® Core™ i3 sanggup banget mengikuti aksi multi task saya yang abuse :D

Adobe Dreamweaver CS3 192010 20459 PM

Install aplikasi berat jadi cepat dan mudah. Ada beberapa aplikasi terutama yang berhubungan dengan design, untuk instalasi memakan waktu yang cukup lama, sampai kita bisa tinggal makan siang segala :D Well, Intel® Core™ i3 saves the day! Untuk kebutuhan pekerjaan yang urgent sangat bisa diandalkan. Contohnya pas saya harus membuka materi design dari salah satu Client TukuSolution. Karena saya nggak punya aplikasinya, maka harus di-install dulu. Dan setelah itu, materi yang besarnya 30 MB pun bisa dibuka dan diutak atik tanpa bikin komputer hang. Semuanya nggak sampai 5 menit. Benar-benar efisien!

Fullscreen capture 192010 22109 PM

Oh ya, materi yang saya buka ini adalah untuk website film Gading-Gading Ganesha, yang diangkat dari sebuah buku dengan judul sama. Ceritanya tentang anak-anak ITB yang dulu saat kuliah bersahabat, sekarang begitu mereka dewasa dan punya kehidupan sendiri-sendiri, akankah persahabatan mereka seerat dulu lagi? Wah kayaknya kita semua feel related dengan itu ya. Nantikan film dan website film-nya segera :)

Saya berhasil edit video pertama saya dengan Windows Movie Maker di PC ini. Sesuai dengan resolusi tahun baru, saya ingin bisa satu keahlian lagi. Dan dari dulu ingin bikin film dokumenter seperti Michael Moore. Dengan laptop atau komputer yang dulu jelas nggak memungkinkan. Tapi dengan Intel® Core™ i3 semuanya jadi mungkin :D

Fullscreen capture 192010 13935 PM

Check out video ini ya… banyak keterbatasan karena banyak nggak ngertinya hehe (misalnya kenapa video .3gp dalam video ini suaranya berdecit?? Bingung)… tapi proses belajar, nyoba pencet ini itu, get it done sampai render ke .wmv itu juga cuma makan waktu total 15 menit. Benar-benar fun!

Berarti for next, video wawancara penulis atau eventnya Kutukutubuku di YouTube bisa lebih keren lagi :D

Last but not least, I can play Facebook game like Pet Society di komputer ini :D Kalau saya bilang tadi biasanya saya kerja dari komputer suami saya pagi-pagi, itu hanya setengahnya benar. Sebenarnya saya selalu main Pet Society di komputernya karena komputernya memang cepat dan di-design untuk gamer (suami adalah pengelola forum game Gamexeon).

Kalo main di tempat lain, Pet Society-nya suka patah-patah gitu gerakannya. Kata suami saya itu karna kartu grafisnya kurang mumpuni. Nah, karena Intel® Core™ i3 udah include Intel® HD Graphics, maka saya bisa leluasa kembali bermain game kapan saja tanpa harus rebutan komputer dengan suami :D

Fullscreen capture 192010 90312 PM

Harganya berapa? Sekarang sih harganya sekitar $133 , sesuai budget kan ^^ Langsung check aja ke toko komputer favorite-mu.

Kalau udah ngiler dan mau dapet gratis 1 PC berbasis prosesor intel terbaru, langsung aja baca keterangan lengkapnya di sini! :)

Launching resminya keluarga Intel® Core™ 2010 di Indonesia itu tanggal 19 Januari 2010 nanti. I will update you tentang acara peluncuran produk ini. I’ll see you around!

email

Comments

comments