Tips Aman Berkendara di Jalan Raya

| 10 Comments

Sejak kelas 1 SMA gue sudah mulai belajar nyetir. Yang ngajarin bokap di lapangan bola gitu. Dan terus di situ aja selama berbulan-bulan, sampai akhirnya pakde gue yang berani nyemplungin gue ke jalan raya. Seneng banget saat akhirnya bisa nyetir. Bisa bebas bawa mobil bareng temen-temen cewek. Bisa keliatan lebih gaul :D

Tapi itu dulu. Sejak gue ‘masuk’ ke Jakarta tahun 2000 silam, gue sudah nggak berani lagi bawa mobil. Pernah gue bawa selama hampir sebulan di jalanan Jakarta dan terpaksa menyerah! Medannya ngeri banget! Selain angkutan umum yang ‘berani mati’, pengendara sepeda motor maupun mobil di Jakarta udah pada nggak liat-liat spion lagi kalau mau belok atau nyalip. Langsung hajar bleh! Berharap orang lain di jalanan punya indra ke-enam atau nyawa sembilan. ~.~

Sejak gue married, dan memperhatikan cara suami gue bawa mobil, gue jadi tau apa aja yang musti diperhatikan agar aman di jalanan. It’s Driving Skills For Life!

  • Pake sabuk pengaman. Kedengerannya sepele, tapi penting banget. Sabuk pengaman mungkin akan membuat baju kita sedikit kusut, tapi jika terjadi benturan dari depan, maka posisi kita akan lebih aman. Katanya 76% kematian dalam kecelakaan adalah karena tubuh terlempar keluar dari mobil. Hiyy *Naudzubillah* Di Jakarta sih tingkat pemakaian sabuk pengamannya udah bagus (karena Polisi rajin razia? hehe). Mudah-mudahan daerah lain menyusul!
  • Jangan SMS Sambil Nyetir. Sekarang siapa yang nggak pernah nelpon/SMS/email sambil nyetir? Hari gini kita emang super sibuk. Yang lebih mengkhawatirkan smartphone sekarang bentuknya semakin aneh-aneh dan sulit untuk bisa dipake dengan satu tangan. Miris rasanya liat suami gue ngetik email di iPhone-nya sambil tetap melaju kencang. Apalagi dia pernah jalan 160 km/jam SAMBIL MOTRET via iPhone dan NGUPLOAD foto yang barusan dia ambil ke FACEBOOK. Dasar gila >.<; Gue benar-benar berharap Allah melindungi suami gue dari semua kegilaan-kegilaannya. Amiin.160k
  • Perhatikan Spion. Penting banget sebagai mata ketiga kita. Perhatikan atas, kiri, kanan, trus kiri lagi. :D _MG_8673
  • Selalu waspada. Jangan sampai ngelamun atau ngantuk! Sedikit lengah aja, kita bisa nyungsep ke parit atau nyerempet orang di depan kita. Kalau ada teman di jalan, ajak ngobrol aja sebisanya. Atau dengerin radio sambil ikutan nyanyi keras-keras kalo nggak ada orang :D Makan permen karet atau permen lainnya seharusnya juga bisa membantu!
  • Jarak aman. Suami gue selalu aja kalo berhenti hanya 1 cm di belakang mobil lain. Bikin geregetan rasanya pengen nyubit pahanya. Paling aman, kita biarin mobil di depan kita jalan selama 3 detik baru kita ngikut dan biarkan jarak yang tercipta tetap seperti itu! Bemper mobil gue dah beset juga nih kena hajar ama mobil di belakang kita yang nggak pake aturan 3 detik!
  • Cek tekanan ban. Sesuaikan lagi dengan rekomendasi pabrik. In my case, sering banget mobil gue rada kempes ban-nya gara-gara kena paku di jalanan. Nyebelin!

And like they said: It takes 8,460 bolts to assemble an automobile, and one nut to scatter it all over the road.

Have a safe journey!

email

Comments

comments