The Conductors: Nggak Semua Orang Terlahir Menjadi pemimpin

Gue selalu suka film dokumenter, maka kemarin waktu ke Disc Tarra and nemu film dokumenter asli Indonesia (sutradaranya namanya Ucup) yang ternyata pemenang piala citra 2008, gue pun menjadi riang gembira. Kebetulan (eh, nggak ada si yang kebetulan) gue masuk angin and spend the day di rumah. Jadilah gue sempet nonton film dokumenter ini.

The Conductors adalah cerita tentang 3 conductor atau dirigen dengan style dan crowd-nya masing-masing. Mulai dari Addie MS yang posh, classy dan talented (pemimpin Twilite Orchestra), ke AG Sudibyo yang punya keinginan kuat (pemimpin paduan suara UI yang sekali nyanyi bisa 2000 orang sekaligus) serta Yuli Soemphil yang passionate (pemimpin lagu-lagu Aremania, supporter sepak bola Arema Malang).

I learned couple of things:

 

  • Waktu Addie MS diminta untuk konser di tengah-tengah stadion sepakbola di Malaysia, dia tetap terima, meskipun jadi banyak hal rumit yang perlu diperhitungkan untuk konser orkestra outdoor semacam itu. Bukan kondisi ideal yang ia cari. Tapi achievement dari kondisi yang tidak sempurna itu dan efeknya untuk kemajuan Twilite Orchestra di masa depan. Menjadi pemimpin itu berarti harus visioner
  • AG Sudibyo sewaktu harus membentuk dan memimpin ribuan orang dalam choir, ia berusaha memisahkan jenis suara dari awal saat peserta choir mendaftar dari tiap fakultas. Pak AG Sudibyo tidak memakan gajah sekali telan (bisa keselek). Ia memotong-motongnya terlebih dahulu. Menjadi pemimpin itu berarti harus bisa memilah prioritas and get things done
  • Yuli Soemphil, gaya kepemimpinannya paling menarik! Gimana nggak, tanpa latihan, tanpa banyak basa-basi, ia memimpin ratusan orang untuk mengikuti gaya dan nyanyian yang ia ciptakan untuk mendukung Arema! Ia punya karisma, semua anak Arema menyukainya. Bahkan jika memang tak suka dengan lagu dan gayanya, anak Arema bisa complain dan memberikan usul mereka kepada Yuli. Menjadi pemimpin itu berarti kita harus punya passion dan selalu berusaha mendengarkan aspirasi orang yang kita pimpin

Jadi, apakah kamu seorang pemimpin?

Comments

comments

Related Posts

by
A writer of 30 books. Founder & Chief Content Officer of Zetta Media, a digital media network. Founder of NulisBuku.com & Storial.co. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.
Previous Post Next Post

Comments

    • elok
    • April 24, 2009
    Reply

    bagus mbak summary stlah nonton filmnya, aku share ke teman2 ku ya? :)

    [Reply]

    • iL
    • April 24, 2009
    Reply

    hebat mbak,bisa ngambil inti dari filmnya dgn bahasa yg gampang..

    Klau seorang pemimpin wajib punya ketiganya kyknya berat juga tuh posisi pemimpin.tapi hasil pimpinannya pasti bakal TOP..
    hehe..

    [Reply]

  1. Reply

    aku kirain film ini nga begitu bagus.. ternyata tentang pemimpin gitu ya.. jadi kepengen liat..

    [Reply]

  2. Reply

    Aduh itu Pak Sudibyo kok bajunya Golkar gitu siy? Bukan titipan pemilu kan ya? :p

    [Reply]

  3. Reply

    mau ikutan nonton ah mba.. :D

    [Reply]

  4. Reply

    Artikel yang sangat bagus, dapat menambah ilmu dan bisa saling berbagi.
    Sukses selalu. Semoga bisa menjadi sahabat.

    [Reply]

  5. Reply

    Film ini memang menunjukkan bahwa siapapun yg punya kelebihan dan bakat bisa jd pemimpin..
    Memang betul Mbak Olie.. Mas Yuli Soempil di Kota Malang sudah tdk asing lg.. yang dipimpin kl AREMA main bukan hanya ratusan tp puluhan ribu.. kapasitas satdion di Malang 30 Ribuan kl sdh yel2… smua pasti mengikuti.. dan Mas Yuli loyalitasnya sdh tdk diragukan lg.. : Malas Utas Awij AREMA (artinya Salam Satu Jiwa AREMA), krn bahasa prokemnya NGALAM (Malang) dibolak-balik…

    [Reply]

  6. Reply

    Wah.. bagus nih sharingnya. Thanks yah..

    [Reply]

  7. Reply

    Ah, ada Pak Dibyo. Saya masih ingat sekali masa-masa saya masih menjadi mahasiswa baru. Gayanya yang khas kadang ditirukan oleh teman-teman saya ketika sudah berada di luar pelatihan paduan suara. :-D Dan ternyata Pak Dibyo disorot menjadi salah satu tokoh di film dokumenter. Keren! :-)

    Nice summary mbak! Get things done! Love it! :-D

    [Reply]

    • Mary
    • March 12, 2014
    Reply

    es la primera vez que voy a lleavr a mi familia a un evento de estos , ami hijo le encantan cuando se trata de autos o camionetas le gusta mucho cuando salen en tv, es el mismo show de la tv espero tengan boetos para el viernes, ya que yo cobro hasta el jueves, quisiera darle esta sorpresa a mi hijo el tiene 4 af1os,vi la promocion en un periodico local , pero la verdad se me hicieron dificiles las preguntas, ya que no conozco mucho a los pilotos, espero que llegue el dia para darle la sorpresa a mi hijo, claro si es es que aun alcanzo boletos el viernes lo que he visto y comentan aqui se estan vendiendo rapido.

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 shares