Ollie's Journal

Insights on books, writing, startups, and lifestyle in between

Menjadi Kaya dengan Sedekah

210

Give way
Creative Commons License photo credit: g-hat

Semua berawal dari perkataan teman tentang sedekah. Dia bercerita tentang Ustad Yusuf Mansur yang menganjurkan sedekah untuk mendapatkan tujuan kita. Dalam kondisinya, dia ingin segera menikahi tambatan hatinya namun kekurangan biaya. Ia pun mulai bersedekah berdasarkan jumlah nominal uang yang ia perlukan untuk membuat resepsi pernikahan nanti.

Karena penasaran dengan Ustad Yusuf Mansur yang telah membuat teman saya sangat terinspirasi itu, saya pun segera mencari informasi tentang Ustad Yusuf Mansur. Ternyata saya menemukan film ‘Kun FayaKuun‘ yang dibuat oleh Ustad Yusuf Mansur. Film ini bercerita tentang kehidupan seorang tukang kaca yang jauh dari mencukupi, namun tukang kaca itu tidak berputus asa dari rahmat Allah dan ia tetap bersedekah meskipun kekurangan.

Film ini sangat menginspirasi saya sehingga malam itu juga saya memutuskan besok pagi saya akan naik bis ke kantor agar bisa membeli banyak barang yang ditawarkan ke saya di dalam bis dengan maksud sedekah. Alhamdulillah, baru saja berniat seperti itu, besok paginya saya diajak meeting mendadak oleh seseorang dan dari pembicaraan kami telah lahir sebuah peluang yang nilainya ratusan kali lipat dari jumlah yang saya niatkan untuk sedekah. Subhanallah, baru niat saja sudah seperti itu! Saya pikir ini kebetulan, tapi waktu mendengarkan testimoni ibu ini di YouTube, saya yakin ini bukan sekedar kebetulan.

Saya semakin penasaran dan membeli buku dengan judul ‘The Miracle of Giving, Keajaiban Sedekah‘ yang ditulis oleh Ustad Yusuf Mansur sendiri. Di dalam buku itu, disebutkan dalam Al-Qur’an Surat 6:160, Allah menjanjikan balasan 10x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur’an Surat: 2: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.  Selama ini terus terang saya nggak menyadarinya. Insya Allah sedekah terus saya lakukan, tapi saya nggak pernah ‘menghitung’ dan mengharapkan apa yang akan saya dapatkan nanti dari Allah. Saya tidak menghubung-hubungkan rejeki yang saya terima dengan sedekah yang saya lakukan, padahal itu berkaitan erat!

Di dalam buku ini, Ustad Yusuf Mansur berkata, apa yang sudah kita ketahui ini akan menjadi ilmu buat kita. Sehingga jika kesusahan dalam hal finansial, nggak susah-susah minta tolong orang lain, tapi langsung minta tolong kepada Allah. Karena sadar dengan hal ini pun, saya jadi berusaha untuk sedekah dengan lebih baik dan terencana.

Beberapa tips menjadi kaya dari masukan Ustad Yusuf Mansur:

  1. Shalat Dhuha 4 rakaat (dilaksanakan dalam 2 rakaat – 2 rakaat) dapat membuka pintu rizqi
  2. Meminta pada Allah saat Shalat Tahajjud
  3. Memelihara dan memberi makan anak yatim
  4. Sedekah 10% dari penghasilan, karena 2,5% saja tidak cukup
  5. Sedekah 10% dari jumlah yang diinginkan. Dengan konsep ini, jika kita ingin membeli rumah seharga Rp 100 juta, maka kita harus bersedekah sekitar Rp 10 juta terlebih dahulu. Karena beginilah matematika sedekah menurut Ustad Yusuf Mansur

    10 – 1 = 19

    Dalam matematika biasa memang 10 – 1 adalah 9. Namun karena Allah menjanjikan balasan 10x lipat, maka minimal kita akan mendapatkan 19. Jika perhitungan dilanjutkan maka akan seperti ini:

    10 – 2= 28
    10 – 3= 37
    10 – 4= 46
    10 – 5= 55
    10 – 6= 64
    10 – 7= 73
    10 – 8= 82
    10 – 9= 91
    10 – 10= 100

    Jadi sekarang agak ‘masuk akal’ kan jika ingin beli rumah Rp 100 juta maka harus bersedekah Rp 10 juta dulu :)

  6. Tambahan dari saya mungkin bisa dicoba. Saya selama ini bersedekah untuk sesuatu yang sifatnya dapat berlipat ganda. Misalnya, sedekah untuk pendidikan anak, sedekah untuk alat ibadah, dll, yang kemungkinan pahalanya dapat saya bawa hingga mati (karena terus mengalir).

Last but not least, kadang-kadang untuk bisa percaya, kita perlu membuktikan. Mungkin dari pengalaman sendiri sudah banyak, tapi karena nggak perhatian akhirnya kita lupa. Silahkan baca pengalaman-pengalaman orang lain yang bersedekah dan merasakan manfaatnya di situs Wisata Hati milik Ustad Yusuf Mansur. Selamat bersedekah!

UPDATE: 


Pagi ini gue praktekin ilmu sedekah-nya di bis, dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu gue butuhkan plus menyantuni pengamen dan peminta-minta yang terlihat memang tidak capable menolong dirinya sendiri. Di sini gue ikhlas dan menghilangkan buruk sangka seperti, “Dapet berapa tu orang sehari, jangan-jangan lebih kaya dari gue!”.

Kalau dihitung berarti hari ini ‘invest’ Rp 50.000 di dalam bis. Kemudian pas sampai kantor, ngambil dokumen adek gue di lantai 1, ternyata masi disuruh bayar Rp 400.000-an lagi dan karena mereka nggak punya mesinnya gue disuruh ambil ATM dulu aja di depan. Meskipun bawaan gue banyak banget dari di bis sampe kantor gue coba tahan nggak ngedumel. Ternyata setelah gue ambil duit gue seperti nggak berkurang malah bertambah. Langsung deg-degan.

Sampai kantor langsung cek Klik BCA and ada transferan senilai 20x investasi gue tadi pagi dari arah yang tidak disangka-sangka. Jadi teman-teman, ilmu baru ini terbukti dan teruji, jangan ragu lagi!

Ps: Semua barang itu tidak akan menjadi mubazir, karena akan di-donate pada yang benar-benar membutuhkan
Pss: Semua yang disampaikan tidak untuk bermaksud Riya’

email

Comments

comments

210 Comments

  1. sri sudarmi

    Insya Allah saya akan terus bersedekah meskipun hanya sedikit.hanya memohon ridho Allah
    Swt. amin…..

    [Reply]

    Reply
  2. tezar dwi putra

    semua orang sama di mata tuhan…
    siapa yang memberi.. pasti bakal dibalas berlipat-lipat !
    jadi siapapun bisa bersedekah !

    [Reply]

    Reply
  3. tanti

    Subhanalloh, memang kekuatan sedekah itu ada, beberapa hari lalu q sedekah dimasjid y walaupun nilainya masih kecil, tapi baru tadi dapt THR dari boz, bisa buat mudik, dan paz lagi dengan ongkos mudikku, Memang janji Alloh SWT tepat, mari giatkan sedekah
    ^_^

    [Reply]

    Reply
  4. peni faridah

    memang sedekah benar2 hebat, mendalami perilaku yg bersedekah dan betul2 mengamalkan di kehidupan keseharian kita juga menjadikan hati kita lapang, gak kuatir akan pemberian rizki dari Allah SWT, kita betul2 belajar bersyukur atas nikmat sekecil apapun…amien…

    [Reply]

    Reply
  5. Subecha

    Sedekah, subhanallah..cara mudah untuk kaya dengan cara yang di ridhoi Allah SWT.. saya sengat setuju dan pernah merasakan dampak dari sedekah. Semoga semakin banyak orang yang sadar akan nikmatnya sedekah..Amin

    [Reply]

    Reply
  6. Ci

    Alhamdulillah yah,.
    waktu itu aku sedekah pas puasa k panti asuhan..aku berdoa agar aku dapat pekerjaan sebelum lebaran, ternyata besoknya aku langsung diterima bekerja.
    Thanx Allah ^^

    [Reply]

    Reply
  7. backlink gaib

    Sedekah memang langsung terasa manfaatnya…
    saya juga sering mengalaminya,
    Saya menulis testimoni pengalaman pribadi saya tentang sedekah yang memang manfaatnya sungguh dahsyat tersebut di blog pribadi saya.

    Ayo sedekah…. :D

    [Reply]

    Reply
  8. yunanto

    Assallamuallaikum wr.wb.
    saya ingin meminta bantuan kepada Allah, agar Allah mengetuk hati saudaraku semusllim untuk mau berbagi sedikit rejekinya kepada hamba ini yg setahun lalu mengalami kecelakaan hingga kaki dan tangan hamba patah, sementara hamba masih harus menghidupi istri dan dua orang putri kami yg masih kecil-kecil, sudi kiranya saudaraku semuslim mau berbagi sedikij rejekinya ke no rek BCA 3260417311, semoga amal dan ibadah saudaraku semuslim mendapat keberkahan dunia dan akherat, amin.
    wasalam wr.wb

    [Reply]

    Reply
  9. Dwi janarta

    Alhamdulillah semoga kita semua bisa bersedekah terus…amiiin…
    Kepada rekan2 muslim, saya pengurus DKM Mushollah perumahan Garden ville cikarang bekasi, sedang membutuhkan bantuan buku2 baru atau bekas karena mau mendirikan perpustakaan, mohon sekiranya ada yang mau menyumbangkan buku2nya,terimakasih sebelumnya…semoga amal ibadahnya dapat diberikan kemudahan olehNYA di setiap urusan…AMIIN..dwi J (081511135716)

    [Reply]

    Reply
  10. Dimas

    Dana punia itu kan seringkali buat kesejahteraan pura ya…bikin ogoh2 dll. Ya, coba salurkan pada pihak yang kamu lihat sedang amat sangat membutuhkan…

    [Reply]

    Reply
  11. zoel

    Artikel yng menarik tapi rumus yng aneh kenapa tidak meletakkan sholat 5 waktu sbg no1 rumus ybg abu2 membuat orang mengejar dunia semata kalau sedekah ya sedekah aja gak usah pake testi segala yng ada membawa ke arah ria cukup memberi informsi sedekah yng baik dan benar sesuai atura cukup lakukan, lupakan, jgn dihitung biar Allah yng menilai ikhlaslah ituu intinya.

    [Reply]

    Reply
  12. Reza Fauzan

    Alhamdulillah sya sdh mlkukan,bhkan skrg mrupakan kewajibn tiap hari wlupun tdk sbnding dgn knikmatan yg di berikan 4JJI swt kpd saya,tpi sya tetap brsyukur krna sya bsa mnyisihkn sdikit hrta yg sya dapatkn…

    [Reply]

    Reply
  13. ivory care

    senang sekali jika bisa menyisihkan sebagian yang kita miliki untuk sedekah, meskipun dari situ kita tidak pernah berharap kompensasi apa-apa. tapi Allah akan selalu memenuhi janjinya, kadang rizky yang Allah berikan tidaklah semata- mata berupa uang tapi juga keselamatan dan kesehatan.

    Namun betapa sedihnya saya karena dalam beberapa tahun terakhir ini saya kesulitan menyisihkan uang untuk bersedekah karena saya sedang dililit persoalan financial.
    saya seorang ibu dengan 2 orang anak perempuan. 4 tahun lalu saya dikaruniai Allah seorang anak perempuan yang cantik meskipun tangan dan kakinya cacat. disitulah saya mulai memiliki hutang untuk operasi anak saya agar kaki dan tangannya bisa berfungsi normal meskipun secara estetika masih tidak normal. Biaya yang saya harus tanggung kala itu 25 juta itupun saya peroleh dari pinjaman bank. alhamdulillah pasca operasi kami bisa mencicil biaya tersebut dengan jangka waktu 3th. Belum terlunasi hutang operasi anak saya, suami saya di PHK, terpaksa saya harus bekerja sendiri menghidupi keluarga dan mencicil hutang yang ada. pada kondisi tersebut ternyata saya juga hamil anak ke 2 yang dalam perjalanan kehamilanpun juga tidak lancar ( placenta bayi berada di bawah ) sehingga saya harus menjalani operasi, kembali saya harus berhutang ke bank untuk bisa melahirkan anak ke2 dengan selamat meski kondisi suami msh belum bekerja. ternyata Allah menguji saya lebih dari itu, saat anak saya baru lahir 1.5 bln terpaksa harus opname karena radang paru-paru dan menghabiskan biaya yang tidak kecil. kenyataan pahit lain ternyata disaat yang sama suami berselingkuh dengan anak tetangga. namun saya tidak pernah menyerah menjalani hidup, saya memaafkan suami saya dan membantunya mencari pekerjaan demi masa depan anak2 saya. belum berhenti disitu ketika anak ke2 saya berusia 1 tahun saya kembali menerima kenyataan bahwa saya terserang kanker payudara dan harus segera dioperasi. tapi saya tidak mungkin bisa operasi dalam lilitan hutang akhirnya saya melakukan ikhtiar yang lain dengan pengobatan alternatif dan tetap tidak kehilangan semangat untuk hidup. saya selalu percaya Allah tidak pernah meninggalkan saya.

    Karena berbagai rentetan peristiwa yang saya alami tidak terasa hutang saya di bank sudah 100jt lebih tentunya karna bunga juga dan sebagai muslim saya tetap ingin menunaikan kewajiban saya pada bank. satu-satunya harta yang saya miliki sekarang adalah rumah yang kami tinggali ( KPR ) karna itu dalam blog ini saya cuma mau ikhtiar, mungkin teman-teman mau membantu saya keluar dari persoalan finansial yang sedang saya hadapi dengan membeli / oper kredit rumah yang saya tempati sekarang atau membatu saya dengan cara yang lain. saya hanya tidak ingin berhenti berusaha dalam keadaan apapun…..

    Bagi teman-teman yang mau menyisihkan sedikit rizky bisa di salurkan melalui mandiri 1420007640054 atau yang ingin membantu dalam bentuk lain email ke n3ng1vo@yahoo.com

    [Reply]

    Reply
  14. Luluk Fur

    Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

    [Reply]

    Reply
  15. ngalamun

    sebuah kebajikan bagaimanapun bentuknya akan memberikan dampak yg luar biasa kepada masyarakat sekitar. berlomba-lombalah dalam menuju kebaikan.
    dan satu hal yg terpenting adalah janganlah menghitung kebajikan yg telah diperbuat untuk mendapat pujian ataupun balasan dari siapapun kecuali hanya karena mengharap ridha dari Allah yg pengasih.

    [Reply]

    Reply
  16. dekam

    ok terima kasih,,,, memang semua harta yang memberi adalah Allah SWT. apa yang Allah beri pasti kembeli berkali-kali lipat jika kita dimanfaatkan dengan baik,,,, yuck kawan kita berbondong-bondong bersedekah,,, gak ada deh yang namanya miskin,,, he,,,

    [Reply]

    Reply
  17. Yamufarizu Fariz

    Tolong jawab pertanyaan Saya ya….
    Apa boleh sedekah niat mendapatkan suami yang diinginkan,….
    Tapi jujur saya sangat percaya 1 sedekah dibalas dengan 10 kali lipat….

    [Reply]

    Reply
  18. jono

    Alhamdulillah….. berkat sedekah,, uang saku kuliahq cukup terus,,, coba buktikan misal kamu punya uang saku 50 ribu tidak disedekahin,,, que yakin uangnya cepet abis n adaaa azaa keperluanya,,, suatu saat uang 50 rb td coba q sedekahin q ajak temenq makan2.. Eee ternyata uang 50 rb td masih cukup sampai q pulang…. dr situ q bisa nyimpulin klo sedekah bisa membuat uang kita cukup terus,, bukan berarti tambah uangnya… tapi barokah.. coba buktikan sendiri,,, ingat bersedekahlah dengan ikhlas….

    [Reply]

    Reply
  19. win sa

    Alhamdulilah, hidupku jadi optimis, walaupun berbagai musibah sedang menimpa diri saya,setelah membaca artikel-artikel dari ustadz Yusuf Mansyur tentang sedekah. Saya yakin, semuanya akan dapat saya hadapi dengan sedekah dan tentunya amal-ibadah lainnya.

    [Reply]

    Reply
  20. ratna

    Assalamu’alaikum Wr.Wb..
    Afwan,, bolehkah saya mengenal Anda Akhi/Ukhti?
    Mohon untuk mengirim jwbnnya di email saya “meyninaalita@yahoo.com” krn sy bth info ttg Panti. Makasih.. Wassalam :)

    [Reply]

    Reply

So, what do you think ?