Ollie's Journal

Insights on books, writing, startups, and lifestyle in between

Menjadi Kaya dengan Sedekah

210

Give way
Creative Commons License photo credit: g-hat

Semua berawal dari perkataan teman tentang sedekah. Dia bercerita tentang Ustad Yusuf Mansur yang menganjurkan sedekah untuk mendapatkan tujuan kita. Dalam kondisinya, dia ingin segera menikahi tambatan hatinya namun kekurangan biaya. Ia pun mulai bersedekah berdasarkan jumlah nominal uang yang ia perlukan untuk membuat resepsi pernikahan nanti.

Karena penasaran dengan Ustad Yusuf Mansur yang telah membuat teman saya sangat terinspirasi itu, saya pun segera mencari informasi tentang Ustad Yusuf Mansur. Ternyata saya menemukan film ‘Kun FayaKuun‘ yang dibuat oleh Ustad Yusuf Mansur. Film ini bercerita tentang kehidupan seorang tukang kaca yang jauh dari mencukupi, namun tukang kaca itu tidak berputus asa dari rahmat Allah dan ia tetap bersedekah meskipun kekurangan.

Film ini sangat menginspirasi saya sehingga malam itu juga saya memutuskan besok pagi saya akan naik bis ke kantor agar bisa membeli banyak barang yang ditawarkan ke saya di dalam bis dengan maksud sedekah. Alhamdulillah, baru saja berniat seperti itu, besok paginya saya diajak meeting mendadak oleh seseorang dan dari pembicaraan kami telah lahir sebuah peluang yang nilainya ratusan kali lipat dari jumlah yang saya niatkan untuk sedekah. Subhanallah, baru niat saja sudah seperti itu! Saya pikir ini kebetulan, tapi waktu mendengarkan testimoni ibu ini di YouTube, saya yakin ini bukan sekedar kebetulan.

Saya semakin penasaran dan membeli buku dengan judul ‘The Miracle of Giving, Keajaiban Sedekah‘ yang ditulis oleh Ustad Yusuf Mansur sendiri. Di dalam buku itu, disebutkan dalam Al-Qur’an Surat 6:160, Allah menjanjikan balasan 10x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur’an Surat: 2: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.  Selama ini terus terang saya nggak menyadarinya. Insya Allah sedekah terus saya lakukan, tapi saya nggak pernah ‘menghitung’ dan mengharapkan apa yang akan saya dapatkan nanti dari Allah. Saya tidak menghubung-hubungkan rejeki yang saya terima dengan sedekah yang saya lakukan, padahal itu berkaitan erat!

Di dalam buku ini, Ustad Yusuf Mansur berkata, apa yang sudah kita ketahui ini akan menjadi ilmu buat kita. Sehingga jika kesusahan dalam hal finansial, nggak susah-susah minta tolong orang lain, tapi langsung minta tolong kepada Allah. Karena sadar dengan hal ini pun, saya jadi berusaha untuk sedekah dengan lebih baik dan terencana.

Beberapa tips menjadi kaya dari masukan Ustad Yusuf Mansur:

  1. Shalat Dhuha 4 rakaat (dilaksanakan dalam 2 rakaat – 2 rakaat) dapat membuka pintu rizqi
  2. Meminta pada Allah saat Shalat Tahajjud
  3. Memelihara dan memberi makan anak yatim
  4. Sedekah 10% dari penghasilan, karena 2,5% saja tidak cukup
  5. Sedekah 10% dari jumlah yang diinginkan. Dengan konsep ini, jika kita ingin membeli rumah seharga Rp 100 juta, maka kita harus bersedekah sekitar Rp 10 juta terlebih dahulu. Karena beginilah matematika sedekah menurut Ustad Yusuf Mansur

    10 – 1 = 19

    Dalam matematika biasa memang 10 – 1 adalah 9. Namun karena Allah menjanjikan balasan 10x lipat, maka minimal kita akan mendapatkan 19. Jika perhitungan dilanjutkan maka akan seperti ini:

    10 – 2= 28
    10 – 3= 37
    10 – 4= 46
    10 – 5= 55
    10 – 6= 64
    10 – 7= 73
    10 – 8= 82
    10 – 9= 91
    10 – 10= 100

    Jadi sekarang agak ‘masuk akal’ kan jika ingin beli rumah Rp 100 juta maka harus bersedekah Rp 10 juta dulu :)

  6. Tambahan dari saya mungkin bisa dicoba. Saya selama ini bersedekah untuk sesuatu yang sifatnya dapat berlipat ganda. Misalnya, sedekah untuk pendidikan anak, sedekah untuk alat ibadah, dll, yang kemungkinan pahalanya dapat saya bawa hingga mati (karena terus mengalir).

Last but not least, kadang-kadang untuk bisa percaya, kita perlu membuktikan. Mungkin dari pengalaman sendiri sudah banyak, tapi karena nggak perhatian akhirnya kita lupa. Silahkan baca pengalaman-pengalaman orang lain yang bersedekah dan merasakan manfaatnya di situs Wisata Hati milik Ustad Yusuf Mansur. Selamat bersedekah!

UPDATE: 


Pagi ini gue praktekin ilmu sedekah-nya di bis, dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu gue butuhkan plus menyantuni pengamen dan peminta-minta yang terlihat memang tidak capable menolong dirinya sendiri. Di sini gue ikhlas dan menghilangkan buruk sangka seperti, “Dapet berapa tu orang sehari, jangan-jangan lebih kaya dari gue!”.

Kalau dihitung berarti hari ini ‘invest’ Rp 50.000 di dalam bis. Kemudian pas sampai kantor, ngambil dokumen adek gue di lantai 1, ternyata masi disuruh bayar Rp 400.000-an lagi dan karena mereka nggak punya mesinnya gue disuruh ambil ATM dulu aja di depan. Meskipun bawaan gue banyak banget dari di bis sampe kantor gue coba tahan nggak ngedumel. Ternyata setelah gue ambil duit gue seperti nggak berkurang malah bertambah. Langsung deg-degan.

Sampai kantor langsung cek Klik BCA and ada transferan senilai 20x investasi gue tadi pagi dari arah yang tidak disangka-sangka. Jadi teman-teman, ilmu baru ini terbukti dan teruji, jangan ragu lagi!

Ps: Semua barang itu tidak akan menjadi mubazir, karena akan di-donate pada yang benar-benar membutuhkan
Pss: Semua yang disampaikan tidak untuk bermaksud Riya’

email

Comments

comments

210 Comments

  1. Someone

    Subhanallah…saya juga termasuk jamaah Ustad Yusuf Mansur tiap pagi di ANTV, saya ingin menjadi seperti beliau,mudah mudahan amal kita diterima Allah SWT

    [Reply]

    Reply
  2. Husni

    Ya Allah…hamba sedang berada dalam kesulitan finansial..keluarga saya bergantung pada hamba……sebagai ayah dan suami…

    [Reply]

    Reply
  3. Jaime

    Salam kenal..Semoga hamilnya laacnr dan sehat yang sampai nanti lahiran..Amin..Selamat menulis lagi..Enjoy ur life..biar lupa sama maboknya heheMampir balik kalo lagi sehat ya Mbak..

    [Reply]

    Reply
  4. Dewa

    Helloooo.. Plis deh..
    Dgn sdekah, apa salahnya kita sbg hamba Allah mengharapkan imbalan dr NYA? Yg salah itu kalo kita memberi kpd org tp mengharapkan imbalan dr org tsb/mgharap pujian.
    Menurutku gada yg slh dr ust. Yusuf M. Krna Allah sndri yg menjanjikan imbalan 10x lipat. Contoh, Allah menawarkan qta Surga bg org yg beramal shaleh. Ente pade mau nerima ga kalo d tawarin surga sm Allah?
    Plis deh

    [Reply]

    Reply
  5. Dewa

    Coba kalo gada yusuf m di indoNesia? Mana ada org yg rela sdekah sbanyak2nya harta.
    Dgn bgtu pelajaran dr yusuf m, fakir miskin dn anak yatim hdup makmur dr pmberian sdekah para dermawan ini…

    [Reply]

    Reply
  6. Khairudin Maliki

    Terima kasih atas perkongsian ilmu ini. Semoga Allah SWT sentiasa meredhai usaha-usaha anda. Amin… #p/s : Selepas ini, kalau kita dapat gaji atau untung bisnes RM1000, JANGAN SESEKALI kita kedekut untuk sedekah RM100 kepada mereka yang berkenaan jika kita serius nak ‘membuktikan’ kehebatan sedekah. Bereh!

    [Reply]

    Reply
  7. sulistiyono

    boleh gak shering sedekahnya buat lebaran …..jangan kuatir banyk malaikat mendoakan anda… harta anda jadi tambah banyak …..gimana berani action….??????

    [Reply]

    Reply
  8. pratitis mega imansari

    subhanallah……
    allah begitu maha pemurah untuk semua umat yang patuh dengan perintahnya

    [Reply]

    Reply
  9. Abi Fahmi

    @Budhi, coba direnungkan mas Budi,apa kita dulu pernah banyak melakukan dosa atau belum lakukan taubat atas kesalahan kita sehingga rezekinya jadi terhambat. tapi percayalah klo Allah ganti bukan hanya dengan uang; bisa aja dicukupkan rezeki,kesehatan,keberkahan,perlindungan dari bala,dsb. yang penting serahkan semua kepada Allah dengan niat yang ikhlas.

    [Reply]

    Reply
  10. kinaya

    saya sedang bermasalah dengan keuangan begitu juga dengan ssuami sudah cari pinjaman sana sini gak ada yang kasih.binggung salam sholat berdoa dan memohon,tapi belum ada titik terang .mohon dibantu.sementara ini saya hanya perlu 30 juta untuk melunasi hutang-hutang saya pembayaran 24 kali.tetapi utmuk besok saya perlu 1 juta untuk anak yamg sakit dan makan anak-anak juga orang tua.mohon dibantu di no rekening bca 575-015-3757./telp 92447107.tx bgt.wasslam

    [Reply]

    Reply
  11. Ragael

    Yang ingin bersedekah/menolong sesama niat karna Allah silahkan transfer ke rek.
    BCA :1540336349
    smoga di ganti berlipat lipat olehNYA.amin

    [Reply]

    Reply
  12. harun

    harta-dunia, cobaan-tidak munafik semua orang membutuhkannya, namun sebaik-baiknya semua perbuatan kita niati ibadah, ikhlas – tidak semata mata menagih janji “pelipat gandaanna”

    [Reply]

    Reply
  13. rahman

    bagi semua saudaraku yang mempunyai koran bekas dan kertas tua jangan dibuang dulu karena saya akan membelinya.
    hasil keuntunganya sy akan sedekahkan kebeberapa mantan penderita kusta yang tidak lagi bisa bekerja
    ini nomor hp. saya 0852 5360 8656

    [Reply]

    Reply
  14. ABD MUIZ FIRMANSYAH

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Alhamdulillah, kali ini saya berkesempatan untuk coment disiini, siapaun anda, dimanapun anda berada, apapun profesi dan jabatan anda, dan kepada semua handai tolan, saya mengajak anda untuk bergabung disi.Saya akan menawarkan bisnis syariah ini kepada anda…..mugkin saya dan anda salah satu muslim yang menanti bisnis seperti ini, saya sudah bertahun-tahun mengidam-idamkan bisnis yang mempunyai konsep dunia dan akhirat…kini telah datang saatnya, maka luangkanlah waktu anda untuk berkunjung ke website saya di bawah ini…!

    http://www.joinsyariah.com/?id=brillian3457
    SELAMAT BERGABUNG….

    [Reply]

    Reply
  15. Dani Firdaus

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Allah SWT. telah berfirman:
    “Hendaklah kalian memberi shodaqoh sesuai kemampuan. Dan orang-orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi shodaqoh dari harta yang dititipkan Allah kepadanya. Allah tidak memberi beban (ujian) kepada seseorang melainkan sesuai kesanggupannya. Sesungguhnya Allah kelak akan memberi kemudahan sesudah kesempitan.” (QS. A
    th-Thalaq: 7)

    Kepada para jama’ah yang saat ini sedang diberi ujian/kesempitan, janganlah berputus asa.
    Teruslah berusaha dan tetap berserah kepada Allah.
    Yakinlah Allah akan menolong kita sesuai dengan janji-Nya.
    Amin.

    Donasi Program Yatim dan Dhuafa:

    Panti Asuhan Firdaus
    Pantai Hurip RT. 09/20 Bekasi Utara
    No rek. BCA: 0662681626

    [Reply]

    Reply
  16. Elsa

    Okay, saya praktik habis ini…….Btw, saya kok nggak ikhlas ngasih uang ke pengamen ya. Kalau saya lebih suka memberi ke lembaga resmi, atau ke seseorang yang memberi saya inspirasi (seperti mbak Ollie ini….hehe)….

    [Reply]

    Reply
  17. mrs mary lisa

    Selamat sore.

    Aku tidak bisa menyembunyikan ini kesaksian besar yang terjadi dalam hidup saya, saya akan mencintai semua orang tahu itu dan mendapat bagian itulah sebabnya saya selalu tempatkan pada jawaban, saya Nyonya Cater Richway dengan nama, saya tinggal di Michigan, United State Of Amerika, saya ingin berterima kasih kepada Mrs (Mary Lisa) untuk kebaikan-Nya atas kehidupan keluarga saya.

    Aku tidak pernah tahu bahwa masih ada pemberi pinjaman yang bagus seperti ini di internet dan bumi di sini. Hanya beberapa bulan Kembali, saya dalam mencari pinjaman sebesar $ 95.000, karena saya kehabisan uang untuk makan, dan tagihan saya termasuk sewa. Saya scammed sekitar $ 4.000 Dolar dan saya memutuskan untuk tidak melibatkan diri saya dalam bisnis seperti lagi tapi Teman saya memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman karena penampilan saya dan perbuatan.

    Dan saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak tertarik dalam kesepakatan pinjaman lagi tapi dia mengatakan kepada saya bahwa masih ada pemberi pinjaman baik yang dia akan merekomendasikan saya untuk, dan saya membuat sidang dan saya sangat berterima kasih beruntungnya aku hari ini, saya diberi jumlah pinjaman sebesar $ 95,000.00 USD, dengan besar ini Perusahaan (Ibu Mary Lisa) yang dikelola oleh Ny (Mary
    Jika Anda membutuhkan pinjaman asli atau legit atau bantuan keuangan dan Anda dapat diandalkan dan terpercaya mampu membayar kembali pada saat jatuh tempo dana saya akan saran Anda untuk, menghubungi dia melalui: mrsmarylisaloanhome@gmail.com Dan Anda akan bebas dari penipuan di internet.

    Suami saya indah memperpanjang salamnya kepada dunia juga kalau bukan karena Mrs (Mary) Saya tidak bisa membayangkan cara hidup harus untuk keluarga saya today.Please Saya mohon untuk membantu saya terima kasih kepada Mrs (Mary Lisa) U dan saya akan selalu berbagi ini hal besar yang terjadi dalam hidup saya dalam jawaban sehari-hari. Anda adalah orang yang menghapus saya dan keluarga saya keluar dari kemiskinan, keluarga saya memperpanjang salam mereka kepada Anda.

    Mrs Mary Lisa

    [Reply]

    Reply
  18. James Harry

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar
    utang Anda? Atau apakah Anda seorang pria atau wanita yang berniat untuk memperluas
    / usahanya? Ini adalah kesempatan Anda telah cari.
    Kami menawarkan pinjaman dari segala jenis, individu, perusahaan dan bisnis
    di luar sana yang sangat membutuhkan pinjaman dengan tingkat bunga rendah
    tingkat 3% hubungi kami hari ini untuk pinjaman riil melalui email:
    jamesharryloaninvestment@gmail.com

    KREDIT APLIKASI / INFORMASI

    Nama:
    nama:
    negara:
    Negara / Kota:
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Panjang Pinjaman:
    Tujuan pinjaman:
    Pekerjaan:
    Pendapatan Bulanan:
    Tanggal lahir (yyyy-mm-dd):
    telepon:
    seks:
    Status:
    James Harry Kredit Investasi dan Kredit Solusi
    General Manager
    Mr James Harry

    [Reply]

    Reply
  19. Mark Steven

    Halo,

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang sah? pada tingkat bunga 3%, kami menawarkan pinjaman kepada individu maupun organisasi, Kami memberikan pinjaman dari kisaran $ 1.000 hingga $ 100.000.000. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik dan keamanan maksimum adalah prioritas kami, Pinjaman Tersedia kami tawarkan adalah,

    * Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Pinjaman Kombinasi
    * Konsolidasi Pinjaman dan Banyak Lagi:

    Jika Anda tertarik kembali ke kami setelah menerima email ini memungkinkan kita lanjutkan dalam transaksi, Anda dapat menghubungi kami melalui email: markstevenfinanciallimited@admin.in.th

    Best Regard,
    Mark Steven.

    [Reply]

    Reply
  20. Sik Clothing

    Subhanalloh…
    ini artikel di tulis th 2008, skrg ud Agustus 2013. Matematika sedekah ustad YM masih berlaku, insyaAlloh selamanya ya..
    Pengalaman saya berbisnis SIK Clothing ud saya rasaiin bgt, begitu resign dari tempat kerja utk bisnis, saya gencarin zakat ma sedekahnya. Alhamdulillah berasa bgt.

    Makasih Ollie ud share tips menjadi kayanya….

    [Reply]

    Reply
  21. Daniel C.

    Halo, aku Mr Daniel Chambers, pinjaman pribadi pinjaman badan yang
    Berikan waktu hidup kesempatan untuk pinjaman pribadi untuk melunasi tagihan, utang
    dan membuat bisnis Anda sendiri. Hal ini juga memberikan pembiayaan pinjaman pribadi
    perusahaan dan individu pada tingkat 2%. Jadi, hubungi kami hari ini
    Via email danielchambers717@outlook.com

    [Reply]

    Reply
  22. Mr Anderson

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak ? Jika ya hubungi kami di (georgeanderson.loanfirm255@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut .

    menawarkan pinjaman

    [Reply]

    Reply
  23. Mr Excel

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak ? Jika ya hubungi kami di (excelservices.managementonline@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut .

    Mr Excel

    menawarkan pinjaman

    [Reply]

    Reply
  24. Mr Larry John

    Halo,

    Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda? Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita yang ingin memperluas bisnis-nya? Kami menawarkan semua jenis pinjaman hubungi kami hari ini untuk kredit yang nyata melalui e-mail: larryjohncool123@gmail.com

    Formulir permohonan pinjaman

    Nama pemohon:
    negara:
    Pekerjaan:
    jenis kelamin:
    Tujuan pinjaman:
    usia: Nomor Telepon:
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Jangka waktu pinjaman:
    Pendapatan Bulanan:

    Mr Larry John

    [Reply]

    Reply
  25. Lana

    wow such a touching story and ritaely. thank God there’s still a good person out there :’)hope Allah bless him more and more..

    [Reply]

    Reply
  26. Herman

    If i were in ur situation, i wud cry too. Kind ppoele r so rare now, especially when it come to hp or cash. Usually ppl choose to take it instead of troubling themselves to return it. But yeah, losing a phone is like losing ur life, who could live without cellphone now? Hahaha..thank God for giving us this kind ppl..:-)

    [Reply]

    Reply
  27. Meta

    Thank you so much for that suggestion Arjan,I will dinfietely put it to good use today or tomorrow. I am in Kathmandu right now,in an area known as Thamel, which is quite tourist oriented. I am off to some of the more authentic sites in a bit,to the Buddhist and Hindu temples/stupas to be more specific.

    [Reply]

    Reply
  28. Roger

    This sounds good I will visit the wtsbiee listed but it may be a little far for me to trave to be there in person! However I do hope you will keep me informed of all useful information I should be aware of! Need to stay up-to-date with these goings on !! “Clear Skies” )

    [Reply]

    Reply
  29. Rafael

    I am asif khan Aap log hamare nabi ke bare main bahut kuch khe rahe ho or is saite per bhut kuch likha hain par kabhi aap apni dharm ki kbiato ko padh lo aap ko usme nabi ka zikr bhi mail jayega or islam ki sachai bhi pata chal jayegiAB AAP KHOGE KI BATAO TO MAIN AAP KO DR. JAKIR NAYAK KI VIDEO JO KI AAP YOUTUBE ISLAM OR SANATEN DHARM LIKH YA DR. JAKIR NAYAK VIDEO LIKH KAR DEKH SAKHTE HO .AAP LOGO KO YAHA PAR GATET BATAIN BATAI JA RAHI HAIN OR AGAR BAT SAHI HO TO USE GALET SHOW KI JATA HAIN ISLAM DHARM KI BAT KO SAMEJNE KE LIYE SIRF EK HADIS WE QURAN KI AAYAT KAFI NAHAHI JESE EK QURAN KI AAYAT KO SAMAJNE KE LIYE KAHI HADIS KO SAMJNA HOGA OR HADIS KO SAMJNE KE LIYE KAYI HADIS VE QURAN KI AAYAT KO SAMJNA HOGAMARI AAP SAB SE REQWEST HAIN KI AAP SAB YHAN GALAT FEHAMI ME NA PADHE OR ISE SITE KO BAND KARE KI KASIS KARE

    [Reply]

    Reply
  30. Lisa

    wahyu cassidyAugust 28, 2012katanya ada form keganranin pak ustad?? saya masih kuliah pengen sambil latihan hafal Alquran dsni bisa ngga??caranya gimana??

    [Reply]

    Reply

So, what do you think ?