Writing

Ollie Writing Habits

Sangat menarik membaca writing habitsnya para penulis besar. Jadi pengen juga nge-list beberapa writing habits saya:

  1. Jika saya menulis, maka itu harus waktu khusus menulis dan tidak ada orang yang secara khusus berada di sekitar saya (yang mungkin melihat saya menulis). Artinya, saya tidak bisa menulis di tempat kerja, maupun di rumah jika ada orang berseliweran di kamar saya. 
  2. In contrary, saya suka menulis di cafe. Meskipun banyak orang, tapi mereka tidak dalam ‘security distance’ saya, and they mind their own business. Jika cafenya tidak ada internet lebih enak lagi, karena 100% fokus ke tulisan. Konsentrasi dan inspirasi menulis bisa banyak banget disini.
  3. I like to write while waiting. Let say saya datang kecepatan 1 atau 2 jam ke sebuah meeting, maka saya akan menulis dengan sangat lancar saat itu. 
  4. Saya suka pakai musik klasik untuk membantu stimulasi inspirasi di otak saya. Cukup ke Youtube aja untuk dengerin musik klasik ini.
  5. Saya tidak punya waktu khusus untuk menulis tapi pagi hari adalah saat yang paling baik. Asal nggak terlalu dekat dengan waktu bangun tidur karena kalau ngantuk juga jadi ngga konsen. 
  6. Saya tidak suka makan dan minum saat menulis. Hanya kalau di cafe aja untuk syarat boleh duduk.
  7. Saya suka menulis sambil tiduran di kasur, sampe punya meja laptop khusus (kayak meja breakfast in bed hehe). 
  8. Saya menulis tanpa henti (fokus) selama setengah hingga satu jam. Tanpa henti maupun jeda untuk mengedit. Setelah itu kalau mau main-main internet ya terserah. 
  9. Saya jarang berpikir dua kali saat menulis. Just write.
  10. Saya tak membiarkan riset memakan waktu menulis saya. Cukup 1 hingga 2 kali search untuk akhirnya saya teruskan menulis.

So, how’s your writing habits?

Comments

comments

A writer of 30 books. Co-Founder & CMO Storial.co & NulisBuku.com. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.