Personal

Best Seller

Alhamdulillah, buku saya, ‘Membuat Toko Online dengan Multiply‘ menjadi Best Seller di beberapa toko buku Gramedia (termasuk Plaza Semanggi dan Bintaro). Kabar gembira! Hal ini tentu sangat berkaitan erat dengan semakin banyaknya orang yang terjun ke dunia per-blogging-an (Multiply masih terhitung salah satu engine blog). Dan bukan karena kebetulan, dunia blog ini menjadi luar biasa maju. Beberapa alasan majunya dunia blog antara lain:

  1. Sharing atau berbagi. Semua yang tadinya bersifatnya rahasia dan tertulis dalam diary, sekarang dibagi kepada dunia. Semakin lama, kesadaran untuk berbagi ini semakin tinggi. Mulai dari film terbaru yang bagus atau yang jelek, sharing masalah pekerjaan, sharing keberhasilan bisnis, sharing cerita perjalanan, hingga sharing persiapan pernikahan. Sekarang sudah nggak jamannya lagi tips-tips sukses berbisnis disimpan sendiri, resep masakan dirahasiakan, atau persiapan pernikahan disembunyikan. Kalau di dunia fashion, sikap seperti ini bisa dibilang so last year alias kuno.
  2. Jujur. Blogger itu jujur dan ia akan menulis apa saja yang diinginkannya, maka sekarang orang mulai melirik blog sebagai alternatif media. Orang juga akan membuat acaranya sebagus mungkin, servicenya sempurna dan produknya bagus, agar blogger memberikan review yang baik. Hebat kan?
  3. Learning. Blogger dan pengalaman-pengalamannya adalah sumber pelajaran yang tiada habisnya. Pernah merasa ‘kelebihan pengetahuan’ karena terlalu banyak membaca blog yang bagus? Yup. Sekarang blog terbagi dalam tema-tema sesuai dengan isi post pemiliknya. Wedding blog, business blog, marketing blog, corporate blog, dll. Mari belajar dari mereka!
  4. Out of The Box. Perkembangan blog tidak berhenti sampai disitu. Pada orang-orang yang kreatif, akan tumbuh ide-ide baru yang berkaitan dengan blog. Jadilah, semacam turunan dari blog, tapi mengikuti tuntunan kecepatan orang-orang, seperti Plurk, Twitter, Tumblr, dll. Kalau pikiran masih berhenti di jaman kuda, maka innovasi yang seperti ini nggak akan pernah terjadi. Thanks to blog and open minded people like blogger.

Jadi, Anda Blogger apa bukan?

Comments

comments

A writer of 30 books. Co-Founder & CMO Storial.co & NulisBuku.com. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.