Writing

Menjadi Professional Blogger

Hari ini baru saja ngambil my first MoneyGram, yaiiiyy!! MoneyGram ini adalah kiriman dari sebuah perusahaan di Amrik yang meng-hire gue untuk ngeblog secara professional (Pro Blogger). Artinya? Ya gue di-assign untuk nulis di beberapa blog dengan topik berbeda yang mereka buat, dan gue dapat duit flat per bulan sesuai jumlah blog yang gue tulis (blog bukan post ya). Asyik kan?? :D

Sekarang sebenernya kerjaan ngeblog tuh buanyak banget! Kita bisa lihat daftar kerjaannya di Problogger Job Board. Mas Budi Putra bahkan bisa dibilang pelopor Pro Blogger di Indonesia. Beliau resign dari kerjaannya di Majalah Tempo untuk ngeblog.

Nowadays, orang semakin sadar untuk menggunakan blog untuk berbagai kepentingan, dan salah satu yang paling penting di Amrik sekarang ini adalah menggunakannya untuk Public Relation (And that’s why gue di hire hehe). In my case, gue dapet kerjaan ini dari rekomendasi Goldy. Setelah dikenalin, gue kasih lihat contoh tulisan-tulisan blog gue dalam bahasa Inggris. Dia sempet tanya juga, “How you handle topics that are not your expertise?” Ya, jawabannya gampang…, “Research!”

Sekarang blog yang gue handle topiknya tentang financial dan berita artis gitu. Seru banget, berasa Rebecca Bloomwood (Shopaholic), yang jadi wartawan financial yang nulis hal-hal yang dilanggarnya sendiri hahaha.

Oh ya, selama ini gue biasa terima uang untuk bisnis-bisnis gue yang lain di Western Union, ini pengalaman pertama di MoneyGram. Kalau mau ambil uang via MoneyGram, langsung ke Lippo Bank aja sebelum jam 2. Trus tanya Satpamnya counter MoneyGram yang mana. Trus kasih KTP, Reference # (minta dari pengirim) dan nama lengkap pengirim. Nama penerima juga harus sesuai dengan KTP. Tak lama uang pun mengucur. Ada materai Rp 6.000 yang perlu kita bayar juga.

Good luck!

Comments

comments

A writer of 30 books. Co-Founder & CMO Storial.co & NulisBuku.com. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.

27 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.