Writing

How to Write a Novel in 7 Days

Alhamdulillah buku terbaru saya, Mengaku Rasul, terbit juga. Novel ini adalah karya adaptasi based on script by Taufik Daraming Tahir dan Helfi Kardit. Basically novel ini mengajak kita semua untuk berhati-hati pada fenomena orang-orang yang mengaku rasul dan membuat aliran sesat. Beli Novel Mengaku Rasul di Kutukutubuku.com diskon 15% OFF!

Sekarang saya mau cerita soal proses pembuatannya. Seperti biasa, kalau ada order novel adaptasi seperti ini dari Gagas Media, maka deadline-nya selalu mepet hehehe. Waktu ditelepon sama Christian, dia kasih waktu 7 hari nggak kurang nggak lebih :D Targetnya, novel ini ditulis dalam 70 halaman A4. Dan jika ada yang terkaget-kaget dan bingung bagaimana melakukannya, saya akan beritahu tips and trick-nya.

  1. Buat Target
    Dalam 7 hari pengerjaan, sisihkan waktu 1 hari untuk personal editing. Jadi jika kita akan membuat 70 halaman dalam 6 hari, kita harus menyelesaikan kira-kira 12 halaman dalam sehari. Dan jika kita memutuskan untuk menulis 3 jam sehari, maka kita hanya perlu menulis 4 halaman per jam. Mudah kan? Stick to it. Kadang jika saya tidak bisa menulis 12 halaman pada hari itu, maka sisa yang kemarin akan saya tulis esoknya sehingga tetap on schedule.
  2. Baca Skenario dan Nonton Film-nya
    Setelah menghabiskan sekitar 1 jam untuk membaca skenario-nya dan tetap merasa ada yang kurang jelas, saya segera menghubungi Mas Salim dari Starvision, juga Mas Helfi sang sutradara. Esoknya, langsung nonton film Mengaku Rasul di kantor Starvision. Semua menjadi jelas dan inspirasi pun mengalir.
  3. Ciptakan suasana menulis yang kondusif
    Bersihkan meja. Tutup semua pintu dan jendela. Distractions seperti YM, Gtalk, Friendster, Facebook, sementara semuanya ditutup dulu ya. Reward yourself with them later, misalnya setelah sukses menulis 5 halaman tanpa berpaling. Trus minum dan makan lah yang cukup tapi tidak berlebihan agar gak ngantuk (pengalaman pribadi, ketiduran melulu saat menulis hauehhehe)
  4. Find a Personal Editor
    Pengalaman bekerjasama dengan Agus Salim saat editing buku Finding Soulmate For Mei, membuat gue percaya bahwa dia akan melakukan good job yang sama untuk novel Mengaku Rasul. Hari terakhir penulisan, buru-buru kirim naskah first draft sama dia. He found some of mistakes that I missed. Setelah itu, saya lanjut menulis final draft. Carilah personal editor yang Anda percaya. Perhatikan potensi orang di sekitar Anda. Pasti ada saja yang berpotensi sebagai editor (tukang kritik hahaha). Peran mereka penting untuk menjaga kualitas novel sebelum dikirimkan ke penerbit.
  5. Sabar
    Setelah final draft selesai dan novel telah dikirimkan ke penerbit, bersabarlah. Penerbit yang baik akan segera mengirimkan surat kontrak dan uang muka untuk novel Anda. Kemudian Anda tinggal menunggu ‘tanggal mainnya’ saja.

Selamat Menulis!!

Bonus: Kisah pembuatan novel Mengaku Rasul yang dibroadcast secara live via Twitter

Ada order novel seminggu jadi. Genre-nya rada menceng dari biasanya lagi. Bismillah aja. 04:19 PM May 14, 2008

8 halaman lagi untuk menutup hari 10:29 PM May 15, 2008

Ngemil Chiki Keju. Page 24 of 70. 02:31 PM May 16, 2008

Page 32 of 70. Guess it’s enough for today. 06:28 PM May 16, 2008

Page 57 of 70. Not bad. *Yawn* 03:08 PM May 18, 2008

First draft finished in page 65. Now it’s editing time. 12:12 PM May 19, 2008

On my way back home. Got loads of new perspectives and inspirations. 09:31 PM May 19, 2008

Finished editing. Now sending it to my personal editor. 10:46 AM May 20, 2008

Tiba-tiba naskahnya tidak bisa ditambah maupun dikurangi. It’s done and enough, mungkin. 10:57 AM May 20, 2008

Personal editor has given his feedback now my turn to write the final draft 05:09 PM May 20, 2008

Wrapped and sent to the publisher. Now, it’s DVD time. 07:28 PM May 20, 2008

Comments

comments

A writer of 30 books. Co-Founder & CMO Storial.co & NulisBuku.com. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.