Ask Ollie: Cara Nerbitin Buku

Saya memutuskan untuk membuka kategori baru di blog saya, judulnya ‘Ask Ollie’. Sejak lama, banyak dari pembaca blog yang mengirimkan email secara langsung untuk bertanya mengenai berbagai macam hal, mulai dari web developing, bisnis, menulis, marketing, cari kerja, dll. Akhirnya daripada saya menjawab suatu hal berulang kali, sekalian saja akan saya masukkan jawaban pertanyaan saya pada setiap post ‘Ask Ollie’. Bagi yang ingin ‘Ask Ollie’ juga, silahkan kontak saya. Semoga bermanfaat!

Hi Ollie,

Mau nanya, kalo gak salah Ollie pernah nerbitin buku ya? Boleh tahu ga gimana prosesnya? Apakah nyari penerbit dulu yang kira2 mau nerbitin buku kita, atau nyelesaikan tulisan bukunya dulu? Kalo aku mau bikin buku (kroyokan sama temen2), penerbit mana yang enak dideketin? Trus proses editingnya gimana?

Thanks ya Lie.

Salam,

Endah

Dear Mbak Endah,

Benar Mbak Endah. Kebetulan dulu saya dapat beasiswa dari Gagas Media untuk sekolah menulis di Jakarta School. Setelah itu saya menulis naskah untuk dijadikan ‘tugas akhir’. Kebetulan, akhirnya naskah saya dipilih dari puluhan murid untuk diterbitkan. Hingga saat ini, 4 buku saya sudah diterbitkan. More to come :)

Kalo proses normalnya sih gini:

  1. Pelajari tren yang sedang ada di masyarakat. Kalo lagi tren buku muslim, berarti silahkan selesaikan naskah fiksi Anda dan nanti disetorkan ke penerbit-penerbit yang banyak nerbitin buku muslim seperti Mizan, Qultum Media, Republika, dll. (Untuk naskah non-fiksi bisa dikirimkan outline-nya dulu, tergantung kebijakan masing-masing penerbitan)
  2. Cari alamat dan nomer kontak penerbit tersebut kemudian hubungi editornya dan tawarkan naskah kita
  3. Kirim naskah hardcopy + data diri Anda ditujukan ke editor tersebut. Kalau bisa sudah termasuk endorsement dari orang-orang yang telah membaca naskah Anda sebelumnya
  4. Hubungi editor itu kembali untuk memastikan naskah kita telah sampai di tangannya
  5. Tunggu maksimal 3 bulan untuk dapat jawabannya
  6. Terus menulis buku lainnya :)

Soal buku keroyokan bisa juga. Riset aja penerbit yang biasa bikin buku keroyokan (mungkin bisa pelajari dulu di toko buku online Kutukutubuku.com). Setelah naskah disetujui, proses editingnya dari mereka kok :)

Good luck!

Comments

comments

  1. hy pa kbr boleh ikut nanya2 ga?gini aku lagi kesulitan mengedit blog ku,tulisannya terlalu banyak dan halaman jadi jelek,yang ingin saya tanyakan bagaimana cara menyembunyikan tulisan itu namun bisa di cari sewaktu di butuhkan.mohon bantuannya

    [Reply]

  2. Agung

    Mau tanya nih mbak Olie….of the topic ngga apa apa yah :D
    saya barusan beli buku mbak olie yang berjudul membuat toko online dengan Multiply.
    Yang jadi pertanyaan saya adalah apakah masih bisa berjualan di multiply sekarang ini karena barusan juga saya baca di “term of use” di multiply terdapat ketentuan dilarang digunakan untuk tujuan komersial.

    Nah apakah berjualan via multiply masih valid untuk dilakukan sekarang mbak?

    thanks

    [Reply]

    Ollie Reply:

    Hi thanks for asking ^^ IMHO, komersil maksudnya untuk brand perusahaan yang jauh lebih gede dari kita karena untuk ukuran Multiply yang kita kerjakan masuk kategori personal (UKS – Usaha Kecil Sekali), sehingga mereka pun menyediakan tempat slot buat dagang di Multiply kita masing2 yang disebut Market.

    Cuma karena market terbatas 1 box doang, rata-rata orang memilih untuk manfaatin the whole blog untuk berjualan. I think it’s still acceptable. Buktinya dah ratusan blog toko online (kebanyakan dari Filipina) yang tumbuh di situ dan nggak ada tindakan apapun dari Multiply. Yang menjadi perdebatan sekarang adalah ternyata para pengusaha UKS ini berjualan dengan rada spam di post/guestbook orang lain. Ini yang membuat beberapa orang mengusulkan agar dibuat fasilitas khusus online store yang bisa diakses hanya untuk yang upgrade account. Tapi sampai sekarang sepertinya blom dijalankan. Mungkin Multiply-nya sadar mereka ‘hidup’ dari orang-orang yang dagang juga hehe. Gitu dulu ;)

    [Reply]

  3. Agung

    Terima kasih ya mbak atas penjelasannya :)
    Tapi saya mau tanya satu hal lagi.
    Kalo mau promosiin blog kita cara yang efektif pake apa ya?

    [Reply]

  4. Assalamu alaikum wr wb
    Mbak Ollie, saya membeli buku karangan genduk judulnya Trik Membuat Tampilan Blog Lebih Menarik.
    Pertanyaan : apakah saya diperbolehkan membuat Book review buku ini di blog saya ( http://abdulcholik.com ). Buku ini saya anggap penting untuk diketahui oleh pengunjung blog saya.

    Saya pernah membuat Book Review tentang Buku Sotoshop. Akhirnya kuwalahen karena teman2 pada minta buku itu kepada saya ha..ha..ha.

    Jika diijinkan akan saya jadwalkan untuk menyusun Book Review tsb.
    Terima kasih dan selamat berkarya serta semoga sukses selalu.
    Salam dari pakde di Surabaya.

    [Reply]

  5. DYAN INDRIWATI

    mbak ollie,minta alamat yang jualan baju bekas dong?saya sudah cari di bagian pasar senen,ga ada alamatnya.saya berminat untuk jualan baju bekas di kota saya.trims

    [Reply]

  6. Moncler Jackets, Moncler Sale online, low price and top quality cheap for sale for people to choose from.

    [Reply]

Leave A Comment?