Personal

5 Tips Mendapatkan Rekomendasi untuk Bisnis Anda

Semua bisnis yang selama ini saya jalankan, rata-rata mengandalkan promosi dari mulut ke mulut atau rekomendasi, terutama TukuSolution yang bergerak di bidang jasa web consulting. Client yang datang dari hasil rekomendasi ini tentu saja client potensial buat kita karena mereka sudah benar-benar niat menggunakan jasa kita. Dan tentu saja menghasilkan uang lebih cepat dari pada client biasa yang mungkin perlu membandingkan dan meninmbang-nimbang kita dengan vendor lain.

Tapi bagaimana caranya mendapatkan rekomendasi itu? Berikut 5 tips mendapatkan rekomendasi berdasarkan pengalaman saya dengan TukuSolution:

  1. Jangan Pelit
    Client hanya membeli produk kita yang paket A, namun banyak sekali meminta advice yang menyangkut paket B atau meminta sedikit-sedikit dari paket B untuk dimasukkan ke paket A dengan harga yang sama. Jika hal itu tidak menambah cost Anda secara signifikan, tentu tidak ada salahnya untuk dipenuhi. A happy client adalah senjata marketing kita yang paling efektif.
  2. Jaga Kualitas
    Kualitas produk Anda adalah satu hal yang pasti diinginkan oleh client. Berapapun harga sebuah produk yang kita tawarkan, baik murah maupun mahal, kualitas itu tetap harus dinomersatukan.
  3. Minta direkomendasikan
    Oke, Anda baik dan kualitas produk Anda bagus, so what? Client perlu diberi tahu bahwa kita membutuhkan rekomendasinya. Tawarkan service lebih untuk dirinya, jika ia dapat membawa client baru bagi Anda.
  4. Bergaul
    Sering-seringlah ketemu orang, teman lama semasa kuliah, teman komunitas forum, milis, kantor lama, kantor sebelah, dll. Sebarkan kartu nama yang berisi info tentang usaha Anda, alamat email dan nomer telepon Anda yang mudah dihubungi. Kemudian ceritakan sekilas tentang bisnis Anda, kenapa bisnis Anda sangat dibutuhkan dan apa saja yang sudah dicapai bisnis Anda (portfolio) selama ini.
  5. Hubungi kembali
    Client lama Anda mungkin perlahan-lahan mulai melupakan Anda dan janjinya untuk memberikan rekomendasi. Padahal mereka mungkin memiliki relasi yang potensial untuk dijadikan client baru Anda. Telepon mereka kembali untuk sekedar say hello dan me-refresh ingatan mereka akan Anda dan bisnis Anda.

Semoga sukses!

Comments

comments

A writer of 30 books. Co-Founder & CMO Storial.co & NulisBuku.com. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.