Personal

Membuat Video Amatir

Kemarin pergi ke sebuah perusahaan untuk melakukan kegiatan videografi dan fotografi. Untuk fotografi yang pegang temen gue dan unfortunately, untuk video, yang urus adalah gue hahaha. Memang selucu kedengerannya, web developer, penulis, entrepreneur, dan… kameramen? :D Nggak nyambung.

Makanya, cari ilmu dulu di internet sebelum terjun langsung ke lapangan. Dan akhirnya dapet beberapa tips untuk membuat video yang baik (dengan asumsi, kita telah memiliki alat untuk merekam, apapun itu, bahkan handphone hehe):

  1. Siapkan StoryBoard. Story board ini kayak gambar-gambar yang menyusun cerita pada video. Dengan membuat storyboard, kita jadi punya pegangan scene apa yang masih kurang/belum kita take.
  2. Sebelum pengambilan gambar, pakai baju yang nyaman dan banyak kantongnya, berguna untuk menyimpan pritilan kamera
  3. Pakai Tripod. Penting.
  4. Rekam 3 shoot penting. Wide Shot, mengambil gambar lokasi. Medium Shot, mengambil sebagian object yang sedang beraksi, misal abang gorengan. Close Up, mengambil bagian yang spesifik, misal, tangan abang gorengan yang lagi menggoreng.
  5. Jangan pake zoom
  6. Rekam any object at least dalam 10 detik
  7. Kalo mau rekam interview, posisikan yang di-interview di kanan atau kiri layar, trus sisakan ruang di atas kepalanya
  8. Edit videonya. Selesai!

Sampai sekarang mau coba edit nggak tau mau pake apa yang bagus, dan most likely, laptop gue juga nggak kuat dipake buat ngedit video ~.~

Ada saran?

Comments

comments

A writer of 30 books. Co-Founder & CMO Storial.co & NulisBuku.com. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.

7 Comments

  • Irman Fauzi

    hehehe…lagi coba bisnis video shooting?? :D

    Pasti kuat lah laptop lo, udah dual-core kan? Gw aja dulu edit video miniDV (digital DVD quality at 720×576) pake pentium 4 3.2 kuat kok. Bagusnya edit pake Adobe Premier Pro. Lo bisa edit macem2 di situ, edit color, tambah musik, transition, dll. Pakenya juga gampang. Trus, hasilnya bisa diexport ke MPEG2 alias standar DVD. Trus, authoring DVD nya pake Sony DVD architect (bikin menu, chapter, dll)……assuming that you want to make DVD. Good luck!

    [Reply]

  • Ollie

    Hehe kemaren darurat sih man, buat bikin video profile. Gue kemaren baru install Ulead Video Studio. Dan gue coba-coba dikit lumayan ngerti. Nanti mau baca manualnya lagi.

    Thanks ya infonya berguna banget, gue emang pengen bikin film dokumenter juga :D

    [Reply]

  • Serip Airmas

    Ada beberapa software bagus untuk editing :

    avid media composer
    adobe premiere
    dan dps velocity (yang ini agak mahal dan harus beli dengan cardnya sekaligus)

    untuk yang murah pilihannya tinggal avid media composer dan adobe premiere.

    Keduanya asik untuk dijadikan media editing film dan video cuma ada beberapa perbedaan dalam cara penggunaan.

    Kalau adobe premiere dia memakai system rendering every time you drag in to time line, sedangkan kalau avid, dia memakai system WYSWYG.

    Silahkan mencoba hehehe atau kunjungi blog saya : seripairmas.blogspot.com

    [Reply]

    Ollie Reply:

    @Serip Airmas, Thank you masukannya mas Serip :)

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.