Ollie's Journal

Insights on books, writing, startups, and lifestyle in between

Laporan Event Wanita & Wirausaha

10

Alhamdulillah, bersyukur banget hari ini kami dari Kutukutubuku.com telah sukses menyelenggarakan event untuk memperingati hari Kartini, berbentuk Talk Show dengan tema ‘Wanita & Wirausaha.

Diawali dengan telepon Angel di malam buta, seperti biasa, disaat ada ide yang sedang muncul, kami biasa saling menelepon untuk meminta persetujuan dan dukungan masing-masing. Angel kepingin banget Kutukutubuku.com bisa mengadakan event di bulan April ini. Ceritanya pengen mencoba empowering women seperti ibu Kartini.

Tanggal 11 April, kita meeting sebentar tanpa ada keputusan yang memuaskan tentang konsep acara. Kemudian malah meeting 10 menit dengan managerku menghasilkan konsep yang akhirnya kita pake untuk acara kemarin, yaitu tentang peluang usaha di Rumah.

Kami punya waktu 2 minggu untuk mempersiapkan dan 1 minggu untuk mengumumkan event ini. Agak ‘bingung’ juga sih. Soalnya saya sendiri sangat blank soal dunia event organizing. So, akhirnya coba cari-cari ‘how to plan an event’ di Google yang akhirnya lumayan menolong. Well, soal ini nanti diceritakan lebih lanjut deh di behind the scene of this event :D

Pada hari H, tanggal 26 April 2008, kami datang pagi-pagi ke venue acara di Asia Bistro, ITC Permata Hijau. Tak berapa lama, lalu lintas di depan ITC Permata Hijau tiba-tiba macet. Katanya ada kecelakaan yang melibatkan Bis Deborah dan pengendara sepeda motor. Banyak juga peserta yang terlambat, tapi karena jam sudah menunjukkan 10:15 dan pembicaranya semua sudah siap, maka acara langsung dimulai saja.

Acara dibuka dengan sambutan sedikit dari Angel yang demam karena flu dan demam panggung juga haha. Setelah itu, Pak Nukman mulai memberikan motivasi dengan menceritakan tentang wanita entrepreneur hebat bernama Susi Pudjiastuti yang sekarang sudah punya maskapai Susi Air (ada 14 pesawat Susi Air yang digunakan untuk keperluan bisnis ikannya). Selengkapnya baca di blog Pak Nukman ya :)

Pak Nukman juga bilang, kalau mau jadi pengusaha itu harus berani meninggalkan zona nyaman dan harus fokus. Setelah saya dan Angel meninggalkan zona nyaman, ternyata kami masuk ke zona yang lebih nyaman lagi loh! :D

Setelah Pak Nukman selesai, acara dilanjutkan dengan acara inti, yaitu Talk Show dengan Saya sendiri (Ollie, mengusung Heartyboutique.com), Christine (di bawah bendera Kutukutubuku.com), Angel (Menjelaskan TukuSolution.com) dan Pak Nur Salam (Kedai Daur Ulang).

Pembicaraan berlangsung seru, apalagi Pak Nur Salam yang berapi-api dalam menjelaskan usahanya hehe. Ini semua karena adanya passion di dalam diri kami yang menggebu-gebu terhadap bisnis yang kami jalani.

Kemudian peserta dengan antusias mulai bertanya. Ada yang mau pindah ke daerah pedalaman untuk mengikuti suami dan bingung mau berbisnis apa di sana. Well, potensi tiap daerah itu beda-beda dan Indonesia kaya banget dengan tradisi dan adat istiadat yang tercermin pada makanan, kain, dll. Itu semua bisa dijual secara online kan?

Semua penanya mendapatkan buku dari Transmedia Pustaka yang berjudul “Panduan Lengkap Memulai dan Mengelola Usaha di Rumah“. Kemudian acara dilanjutkan dengan games.

Games wirausaha ini mikirnya lumayan lama juga. Dari jam 8 malam sampai jam 11 belum ketemu bentuknya gimana. Akhirnya saya terpikir untuk mengaplikasikan konsep buku The Secret dalam games ini. Peserta akan diminta untuk berandai-andai, bisnis seperti apa akan dibuat (yang sesuai minat, bakat dan pengalaman), modal darimana, memasarkannya kemana, omzet bulan pertama berapa, kemudian berkembang pesat seperti bagaimana, dll. Jadi, paling nggak, begitu pulang, peserta punya bayangan bisnis seperti apa yang nantinya akan dia ciptakan.

Mas Arul membacakan soal keinginannya membesarkan MenulisYuk.com. Dari responnya, antusiasmenya, dan positive thinkingnya, saya inget diri saya sendiri waktu menuliskan essay yang berandai-andai, tapi tentang menulis.

Yang menyuruh saya untuk menulis essay a la The Secret itu adalah Mas Sulak, guru saya di sekolah menulis Jakarta School. Waktu itu saya menulis bahwa buku saya akan diterbitkan, saya diwawancara oleh media kanan kiri, masuk tivi, jadi well known, orang minta tanda tangan, kemudian saya nulis buku dengan tema lain nggak hanya novel, dll. Waktu dibacain sih teman-teman pada ketawa, tapi yang jelas, 3 tahun setelah menulis itu, apa yang saya tulis di situ benar-benar jadi kenyataan. Alhamdulillah.

Selain Mas Arul, ada juga dua orang peserta lain yang membacakan mimpinya. Ada yang ingin buka usaha laundry, ada juga yang ingin buka bisnis keramik. Wah… thanks for sharing your dreams ya :) Semoga terkabul. Amin!

Setelah games selesai, acara dilanjutkan dengan launching gerakan BLOGBRARY. Apa itu BlogBrary? BlogBrary adalah sebuah gerakan sosial untuk membangun perpustakaan untuk anak Indonesia, dengan bantuan blogger yang peduli. Gerakan ini baru seminggu yang lalu digagas oleh Mas Arul. Saya langsung tertarik sekali untuk support, karena kebetulan visi BlogBrary dan Kutukutubuku.com itu sama: ingin mencerdaskan bangsa :D

Mas Arul memaparkan visi dan misinya BlogBrary, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan buku secara simbolis dari kutukutubuku.com ke BlogBrary. Seneng deh bisa sharing banyak hal pada event ini.

Acara ditutup dengan foto bersama. Seneng banget bisa berada di tengah-tengah orang yang bersemangat dan highly motivated.

Kemudian kami foto juga dengan para sponsor. Terimakasih kepada, Penerbit Transmedia Pustaka, Majalah Prodo, Majalah Wirausaha & Keuangan, Pocari Sweat dan Portal SendokGarpu.com atas kepercayaannya kepada kami. Diharapkan dukungannya untuk event-event berikutnya :D

Terimakasih juga buat teman-teman media yang menyempatkan untuk hadir. Karena belum lihat daftar hadirnya lagi, jadi nggak tau siapa aja yang datang. Tapi yang jelas aku tahu itu dari Majalah Prodo, Republika, Wikimu.com dan HaloHalo.co.id.

Pas acara lunch, saya dihampiri oleh seorang wanita bernama Mbak Reni. Beliau membawakan kue yang dibuat khusus untuk kutukutubuku.com! Awww… that’s so nice of you! Kita memperhatikan dan foto-fotoin kuenya. Sampe nggak tega buat makan saking lucunya hehehe. Kalo minat membuat kue lucu kayak gini juga, bisa pesen ke Amara Bakery, up Mbak Reni (08158937328/021-93316657).

Setelah makan siang, akhirnya satu persatu, peserta dan undangan meninggalkan ruangan dengan senyuman. Rasanya semua beban menjadi lepas dan plong banget (padahal event kecil gini udah kayak gitu hehe… no wonder orang habis ngadain event tuh pasti langsung pesta-pesta deh karena relieved pastinya hehe).

Thanks banget untuk tim kutukutubuku.com yang solid, meskipun masing-masing punya pekerjaan sendiri-sendiri tapi bisa put together untuk menyukseskan acara ini.

Dengan event ini, berarti tercapai lagi visi Kutukutubuku.com yang kami rencanakan saat saya dan Angel memutuskan untuk resign dari kantor dan full di Kutukutubuku. Yang pertama adalah membuka layanan web consultant TukuSolution.com untuk membantu mereka yang juga ingin sukses lewat media online. TukuSolution.com kami buka almost immediately setelah kami resign (bulan Agustus 2007), dan Alhamdulillah hasilnya menggembirakan. Yang kedua adalah pelaksanaan event yang menyangkut buku (ya, seperti event ini, yang membahas buku dari Transmedia Pustaka). Dan ketiga adalah giving back to society dengan men-support kegiatan membangun perpustakaan untuk Anak Indonesia yang dicanangkan BlogBrary!

Semoga pencapaian visi kami akan terus ‘menggila’ (hehe). Amin. Dan sekarang… saya mau spend me-time untuk merayakan ini. Caranya? Nonton dvd :D See you at another event!

email

Comments

comments

10 Comments

  1. Papa dan Mama

    Suatu event yang bermanfaat bagi orang lain, baik menyangkut kecerdasan, ekonomi maupun CSR.Sukses untuk Tim kutukutu…..

    [Reply]

    Reply
  2. idham

    mbak kok tukusolution templatenya acak2an klo saya buka pake safari :(

    btw saya ada saran jg untuk menghindari kelakuan orang iseng alangkah baiknya klo favicon joomla yg di pake di client2 nya tukusolution di ganti supaya orang gak langsung tau klo CMS yg di pake itu joomla

    [Reply]

    Reply
  3. pakaian wanita

    kadang perempuan adalah makhluk yang sulit dimengerti. maunya aneh-aneh Sulit dimengerti. dan perempuan tercipta lebih banyak bicara. kata-kata yang dikeluarkan selalu lebih banyak dibandingkan seorang cowok. Berdasarkan survey di lapangannya memang begitu, dan wajib dipenuhi. biar gak stress… :d jadi tanggapilah dia…

    [Reply]

    Reply
  4. Scouttpup

    I am very brand new to this sort of

    blog talk stuff

    however Im keen to assist

    and learn a great deal, I hope. Especially in respect wellness and also the certain elements of nourishment and in my instance training.

    At any rate, just saying hello and hope

    to be around for some time.

    xxx porn

    [Reply]

    Reply

So, what do you think ?