Personal

Sukses dengan Flickr

I Flickr, Therefore I am.

Semua pasti pernah dengar tentang website tempat sharing foto yang telah berkembang menjadi sebuah ‘keluarga’ besar dari para fotografer, fotoblogger dan orang-orang narsis. Selamat datang di Flickr!

Flickr Geek

Gue mulai go Pro sekitar bulan September. Saat itu mau bagi-bagi foto perjalanan sepulang liburan dan bingung karena Flickr ngebatasin upload gue. Well, ya sudah. $24 per tahun it is. Dan gue menikmati setiap detik setelah gue menjadi Pro.
Menjadi Pro berarti menggunakan fasilitas Flickr tanpa batas. Unlimited. Jadi, puas-puasin deh mengeksplornya.

Pertanyaannya… WHY FLICKR?

  1. Easy to use
    Tinggal daftar, upload foto, tambahkan tag dan deskripsi, Voila! You already have an online photo album!
  2. Flexible
    Sekarang foto-foto kita di Flickr dapat ditampilkan langsung di blog kita dengan menggunakan plugins, bisa langsung terhubung dengan Facebook, Multiply, serta lainnya. Definitely one stop solution.
  3. Networking
    Jika selama ini foto yang kita take hanya disimpan hingga berdebu di sudut folder komputer, di Flickr, kita dapat memperlihatkannya pada orang banyak, dengan cara mengirimkannya ke berbagai Flickr Group yang sesuai dengan tema foto kita. Berkumpul dengan komunitas yang satu visi tidak pernah semudah ini.
  4. Belajar Fotografi
    Fotografer professional juga bergabung di Flickr. Kita bisa melihat hasil foto mereka dan melihat EXIF informationnya. Sehingga kita bisa mempelajari what it takes to capture a beautiful picture.
  5. Promosi
    Sebenernya Flickr tidak dimaksudkan untuk kegiatan komersil, tapi menampilkan photo product atau design product terbaru yang akan kita luncurkan untuk mendapatkan feedback, won’t hurt. Gue juga suka promosi macem-macem kok, mulai dari promo toko online hingga promo buku gue yang terbaru. Bisa juga promosi kegiatan sosial seperti yang dilakukan oleh Solidaritas Kebersamaan.
  6. Flickrship
    Friendship yang berbasis Flickr. Artinya Flickr membuka peluang besar bagi kita untuk mendapatkan teman baik dan menjalin friendship. Pak Wimar Witoelar juga lebih inget gue sebagai “Ollie Flickr ya?” daripada Ollie kutukutubuku.com. :D Salah satu sahabat Flickr gue dari Amsterdam beberapa waktu yang lalu datang ke Jakarta. Ceritanya ada di next post. Stay tune :D
  7. Menjadi pemimpin
    Di Flickr kita bisa membuat group sendiri dan mendapatkan banyak anggota dengan mudah. Kita juga yang mengatur ini itu agar goup kita rame dengan foto. Flickr group yang gue bikin namanya Indonesian Wedding untuk promosi budaya perkawinan di Indonesia. Gue diemin aja tau-tau membernya udah 68 orang hehe.
  8. Jual Foto
    Beberapa waktu yang lalu, salah satu foto gue di Flickr urgently needed by sebuah production house yang akan membayar royalti pada gue untuk penggunaan foto tersebut selama 2 tahun. Sayang gue kurang cepat balasnya (lagi di Surabaya and sibuk berat ga sempet online :(). But the point is, sekarang Flickr menjadi salah satu tempat hunting image bagi para pekerja design maupun media. Dan jika foto kita ada yang cocok, siap-siap aja dimintain foto dengan resolusi lebih tinggi dan tentu saja Anda harus siap dibayar :)
  9. Go Private
    Kalo ada foto yang tidak ingin dilihat sembarang orang, kita tetap bisa meng-upload ke Flickr dan mengesetnya sebagai Private
  10. Inspirasi
    Cari inspirasi bisa banget di Flickr. Ada design kartu nama, t-shirt, bekal makan siang, dll.
  11. Diskusi Foto
    Bisa diskusi tentang fotografi dengan anggota Flickr yang lain. Salah satu yang menarik tentang membuat Lomo Effect.
  12. Portfolio
    Buat set khusus untuk portfolio gambar-gambar hasil karya kita. Bisa juga screenshot website yang sudah pernah kita buat. Siapa tau ada suka dan tertarik hire kita?
  13. Pelengkap posting
    Hendy sudah melakukannya. Dia cari gambar-gambar menarik di Flickr untuk dipake di postingannya. Kita bisa juga cari foto sesuai dengan warna yang kita inginkan dengan Flickr ColorPickr.
  14. Riset
    Waktu gue bikin Je M’appelle Lintang, gue cari foto-foto Paris di Flickr. Pas mau jalan-jalan ke Thailand juga liat-liat dulu fotonya di Flickr. Trus pas mau beli kamera Lumix FZ50 juga riset dulu ngeliat hasil-hasil fotonya di Flickr. All you can eat!
  15. Have Fun and Make Stuff
    Bisa main-main dengan foto kita di Flickr. Start to make stuff (bikin buku foto contohnya), atau have fun bikin magazine cover, komik, fortune cookies, dll. Check out more in Big Huge Labs.

More on what can we do with Flickr

Read interview with Flickr Co-Founder

Ada yang mau nambahin?

Comments

comments

A writer of 30 books. Co-Founder & CMO Storial.co & NulisBuku.com. Initiate StartupLokal, the biggest startup community in Indonesia. Co-Managing Director of Girls in Tech Indonesia.

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.