Teknik Komposisi

Udah lama nggak ngomongin fotografi… secara gue adalah fotografer palsu yang sudah lama nggak hunting… tapi kali ini lagi pengen membahas sedikit tentang komposisi. Dimulai dengan tips memotret anak kecil.

Untuk motret anak-anak itu emang tricky karena mereka selalu bergerak. Jangan harap mau diam. Jadinya kita harus pintar-pintar membuat mereka bergerak seminimal mungkin. Bisa dengan ‘halus’ -> “Hayo, jangan goyang-goyang nanti fotonya jelek loh…” atau dengan kasar -> Naruh camera, pasang timer dan kita ikut di dalam foto sambil memeluk mereka erat-erat biar gak goyang hihi *gubrak*

Untuk komposisi sendiri… lebih baik jika kita menyamakan ‘level’ tinggi kita dengan anak-anak. Saya berlutut untuk mengambil gambar anak-anak di depan rumah unwinged di semarang ini.

Teknik lain justru kebalikan. Mereka kan punya kecendrungan untuk terus mendekat ke kamera. Ya silahkan saja didekati seekstrem mungkin dan foto dari atas. Hasilnya ‘seru’.

Dalam komposisi teknik layering atau lapis-lapis itu termasuk penting untuk menghasilkan foto yang bagus. Selain itu, permainan warna juga penting. Pastikan ada objek berwarna kontras untuk menambah ‘kaya’ foto tersebut.
Satu teknik lagi, bagi tiga keseluruhan gambar yang ingin diambil dalam garis imajiner horisontal dan vertikal. Kemudian letakkan objek foto pada 4 kotak tersebut. Hasilnya seperti ini…

Di sini layernya ada tiga, langit, rumput dan tanah. Kemudian ada warna kontras dari atap rumah. Sapi pun yang diletakkan di bagian 4 kotak imajiner itu. Gimana? Gampang kan. Tempat ini berada di halaman Undip, Semarang.

Satu trik yang juga berguna, tiap ada pemandangan, bisa sertakan elemen daun dari pohon untuk membingkai foto Anda dengan cantik.

Selamat menikmati fotografi!

Comments

comments

Tagged: Tags:
  1. wah fotografer ya mbak..boleh berguru donk? pake kamera apa?? saya juga fotografer palsu kok mbak…lama ga megang kamera. posting yang berguna nih mbak buat saya….kalo pengen tau karya-karya digital imaging saya bisa dilihat di blog saya:

    http://seo-publisher.co.cc

    Makasih

    [Reply]

Leave A Comment?